Pengaruh Implementasi Progam Tahsin dengan Metode Yanbu’a terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri Pondok Pesantren Darussalam Kaliwungu Kudus

Amri, Ahmad Azril (2024) Pengaruh Implementasi Progam Tahsin dengan Metode Yanbu’a terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri Pondok Pesantren Darussalam Kaliwungu Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. Cover - Kata Pengantar.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (436kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (402kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (417kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (715kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (591kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (685kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (397kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (337kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui progam tahsin dengan Metode Yanbu’a di Pondok Pesantren Darussalam Kaliwungu Kudus, (2) Untuk mengetahui kemampuan membaca Al-Qur’an santri Pondok Pesantren Darussalam Kaliwungu Kudus, (3) Untuk mengetahui pengaruh implementasi progam tahsin dengan Metode Yanbu’a terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an santri di Pondok Pesantren Darussalam Kaliwungu Kudus. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh santri di Pondok Pesantren Darussalam Kaliwungu Kudus dengan jumlah 30 santri. Kemudian diambil sampel dari semua jumlah populasi. Adapun teknik sampel pada penelitian ini adalah menggunakan teknik sampling jenuh. Pengumpulan data berupa obeservasi, kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Hasil pengumpulan data kemudian diolah dengan bantuan program SPSS for windows versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi progam tahsin dengan Metode Yanbu’a di Pondok Pesantren Darussalam Kaliwungu Kudus termasuk kategori baik dalam memahami progam tahsin dengan rata-rata nilai sebesar 42,63. (2) Kemampuan membaca Al-Qur’an santri di Pondok Pesantren Darussalam Kaliwumgu Kudus termasuk kategori cukup baik dalam kualitas membaca Al-Qur’an dengan rata-rata nilai sebesar 83,53. (3) Hasil uji hipotesis, implementasi progam tahsin dengan Metode Yanbu’a memiliki pengaruh terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an. Hal ini dibuktikan dengan perhitungan uji t diperoleh t hitung lebih besar dari nilai t tabel (4,583 > 2,048). Sedangkan pada nilai signifkansi yang didapatkan lebih kecil yaitu sebesar (0,00 < 0,05). Adapun besaran pengaruh yang diberikan sebesar 42,9% dan sisanya 47,1 % dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Dapat disimpulkan bahwasannya Ho ditolak dan Ha diterima (terdapat pengaruh) sehingga implementasi progam tahsin dengan Metode Yanbu’a merupakan variabel independen yang berpengaruh terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an santri di Pondok Pesantren Darussalam Kaliwungu Kudus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHidayat, AatUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Progam Tahsin, Metode Yanbu’a, Kemampuan Membaca Al-Qur’an
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 11 Jun 2025 04:30
Last Modified: 11 Jun 2025 04:30
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14377

Actions (login required)

View Item View Item