Salsabila,, Muhamad (2024) Peran Pembimbing Agama dalam Mengatasi Perilaku Bullying pada Remaja di Majlis Ta’lim Nurul Ummat Desa Pendosawalan Kalinyamatan Jepara. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
![]() |
Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (526kB) |
![]() |
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (289kB) |
![]() |
Text
4. BAB I.pdf Download (609kB) |
![]() |
Text
5. BAB II.pdf Download (727kB) |
![]() |
Text
6. BAB III.pdf Download (529kB) |
![]() |
Text
7. BAB IV.pdf Download (656kB) |
![]() |
Text
8. BAB V.pdf Download (454kB) |
![]() |
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (540kB) |
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui bentuk-bentuk perilaku bullying yang dilakukan di Majlis Ta’lim Nurul Ummat di Desa Pendosawalan Kecamatan Kalinyamatan Kabupaten Jepara, peran bimbingan agama dalam mengatasi perilaku bullying di Majlis Ta’lim Nurul Ummat di Desa Pendosawalan Kecamatan Kalinyamatan Kabupaten Jepara dan juga faktor pendukung dan faktor penghambat dalam mengatasi perilaku bullying di Majlis Ta’lim Nurul Ummat di Desa Pendosawalan Kecamatan Kalinyamatan Kabupaten Jepara. Metode penelitian ini adalah kualitatif, pendekatan penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif, adapun sumber data penelitian ini yaitu data primer dan sekunder. Tehnik pengumpuan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi, wanwacara dan kemudian data tersebut di analisis dengan metode telaah data, reduksi data, koding data dan analisis data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa bentuk-bentuk perilaku bullying di Majlis Ta’lim Nurul Ummat di Desa Pendosawalan Kecamatan Kalinyamatan Kabupaten Jepara terdapat dua jenis yakni; bullying verbal dan bullying fisik. Peran pembimbing agama dalam mengatasi perilaku bullying di Majlis Ta’lim Nurul Ummat di Desa Pendosawalan Kecamatan Kalinyamatan Kabupaten Jepara ini berupa mengajarkan nilai-nilai agama, memberikan bimbingan moral, memberikan contoh teladan yang baik dan juga memberikan pendidikan nilai-nilai sosial dan kepemimpinan. Sedangkan faktor pendukung dalam mengatasi perilaku bullying di Majlis Ta’lim Nurul Ummat yakni sebagai berikut: diberikan perhatian yang lebih, diberikan sosialisasi tentang bahaya bullying bagi mental remaja, membuat aturan yang tegas terhadap bullying dan juga membantu pelaku menghentikan perilaku bullying. Adapun faktor penghambat berupa remaja cenderung lebih diam dan tidak mau bercerita, merasa takut yang berlebihan dan juga rasa kurang percaya diri.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Peran Pembimbing Agama, Bullying, Remaja | ||||||
Subjects: | Filsafat dan Psikologi > Psikologi > Psikologi konseling Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Psikologi Islam |
||||||
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Bimbingan Konseling Islam (BKI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 12 Jun 2025 07:21 | ||||||
Last Modified: | 12 Jun 2025 07:21 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14401 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |