PENGEMBANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) BERBASIS SAINTIFIK “BAGUS” MELALUI COACHING MODEL “GROW ME”

Pitono, Lukito Lebdo (2015) PENGEMBANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) BERBASIS SAINTIFIK “BAGUS” MELALUI COACHING MODEL “GROW ME”. Masters thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. Tesis Pengembangan RPP Saintifik Bagus_opt.pdf

Download (5MB)

Abstract

Potensi dan masalah yang menjadi dasar penelitian ini adalah adanya sosialisasi dan pelatihan pengembangan RPP berbasis saintifik bagi para guru dan sosialisasi dan pelatihan pendekatan supervisi coaching “GROW ME” sebagai persiapan atas akan diberlakukannya Kurikulum 2013 dengan masalah berupa dihentikannya pemberlakuan K 13 untuk kembali ke Kurikulum 2006, tetapi dalam kenyataannya para guru memiliki keterampilan yang rendah dalam menyusun silabus/RPP dan para supervisor memiliki kompetensi supervisi yang rendah. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R & D) sebagaimana dikemukakan oleh Sugiyono dengan tujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran (silabus/RPP berbasis saintifik “BAGUS”) melalui coaching model “GROW ME”. Perangkat pembelajaran dikembangkan berdasarkan validasi yang dilakukan oleh para pakar dan praktisi. Coach memberikan coaching kepada coachee berdasarkan panduan coaching “GROW ME” yang telah divalidasi oleh para pakar dan praktisi. Hasil pengembangan perangkat kemudian diterapkan pada proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengembangan perangkat pembelajaran dapat dilakukan melalui coaching “GROW ME” dan penerapan perangkat dalam proses pembelajaran juga menunjukkan hasil yang baik. Data guru yang menyusun perangkat mengalami peningkatan setelah mengikuti coaching dari 55,13 menjadi 75,64%. Kualitas silabus dan RPP juga meningkat dari 53% dan 40 % menjadi 73% dan 79%. Pelaksanaan coaching “GROW ME” selama lima kali juga meningkat secara konstan dari nilai 72, 72, 74, 76, menuju ke 82. Penerapan pembelajaran dengan RPP berbasis saintifik “BAGUS” yang diamati oleh tiga orang pengamat juga menunjukkan hasil yang baik, yakni menunjukkan angka 79, 81, dan 81. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa pengembangan perangkat melalui coaching “GROW ME” dapat meningkatkan partisipasi guru dalam menyusun perangkat dan menghasilkan perangkat yang berkualitas serta dapat diterapakan dengan hasil yang baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Administrasi Sekolah, Manajemen Sekolah
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Kurikulum
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 18 Jun 2017 02:37
Last Modified: 18 Jun 2017 02:37
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1456

Actions (login required)

View Item View Item