STUDI ANALISIS KREATIVITAS GURU DALAM MEMBUAT DAN MEMANFAATKAN ALAT PERAGA PAI DI SD 2 MIJEN KALIWUNGU KUDUS

Choiruzad, Choiruzad (2013) STUDI ANALISIS KREATIVITAS GURU DALAM MEMBUAT DAN MEMANFAATKAN ALAT PERAGA PAI DI SD 2 MIJEN KALIWUNGU KUDUS. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
BAB I - V. KREATIVITAS GURU - CHOIRUZAD_opt.pdf

Download (1MB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran PAI di SD Negeri 2 Mijen Kaliwungu Kudus?. 2) Bagaimana kreativitas guru dalam membuat dan memanfaatkan alat peraga PAI di SD Negeri 2 Mijen Kaliwungu Kudus? 3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat kreativitas guru dalam membuat dan memanfaatkan alat peraga PAI di SD Negeri 2 Mijen Kaliwungu Kudus tahun pelajaran 2013/2014? Tujuan dari penelitian yang penulis lakukan adalah: 1) Bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran PAI di SD Negeri 2 Mijen Kaliwungu Kudus? 2) Bagaimana kreativitas guru dalam membuat dan memanfaatkan media pembelajaran PAI di SD Negeri 2 Mijen Kaliwungu Kudus? 3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat kreativitas guru dalam membuat dan memanfaatkan media pembelajaran PAI di SD Negeri 2 Mijen Kaliwungu Kudus Metode Pengumpulan Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: 1) Observasi. 2) Interview. 3) Dokumentasi. Hasil Penelitian di SD 2 Mijen Kaliwungu Kudus dengan judul skripsi Studi Analisis Kreativitas Guru dalam Membuat dan Memanfaatkan Alat Peraga PAI di SD 2 Mijen Kaliwungu Kudus adalah sebagai berikut: 1) Kegiatan belajar mengajar PAI di SD Negeri 2 Mijen Kaliwungu Kudus diarahkan kepada terwujudnya proses belajar tuntas (mastery learning). Sedangkan strategi pembelajaran diarahkan untuk dapat memacu siswa aktif dan kreatif sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuan masing-masing dengan memperhatikan keselarasan dan keseimbangan. 2) Kreativitas guru PAI di SD Negeri 2 Mijen Kaliwungu Kudus, dalam membuat dan memanfaatkan alat peraga dalam proses pembelajarannya dapat menumbuhkembangkan akidah melalui pemberian, pemupukan, dan pengembangan pengetahuan, penghayatan, pengamalan, pembiasaan, serta pengalaman peserta didik. 3) Di SD Negeri 2 Mijen Kaliwungu Kudus terdapat karyawan yang membantu menyiapkan dan membuat alat peraga yang merupakan tim kreatif dari PSB. Saran-saran untuk perbaikan peneliti tujukan kepada: 1) Kepada Kepala Sekolah, ketersediaan alat/media ini masih terbatas, disamping juga belum memiliki teknisi khusus untuk mengoperasionalkan alat tersebut. Oleh karena itu, Kepala Sekolah perlu mengupayakannya. 2) Kepada Guru, Penggunaan alat peraga sebagai media pembelajaran PAI di SD Negeri 2 Mijen Kaliwungu Kudus selain menekankan pada aspek kognitif, semestinya juga memperhatikan aspek afektif dan psikomotorik. 3) Kepada siswa, hendaknya menjaga ketertiban, menghindari berperilaku yang dapat menggangu kelas lain, disiplin dan belajar dengan giat

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Siswa, Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 09 Jul 2017 03:16
Last Modified: 09 Jul 2017 03:16
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1473

Actions (login required)

View Item View Item