Siswantini, Dwi (2013) PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SKI DI MTS NEGERI MARGOYOSO PATI TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.
Text
DWI SISWANTINI_opt.pdf Download (3MB) |
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini secara umum adalah untuk mengetahui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi pada Mata Pelajaran SKI di MTs Negeri Margoyoso Pati. Untuk mengetahui prestasi belajar siswa pada Mata Pelajaran SKI di MTs Negeri Margoyoso Pati. Untuk mengetahui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada Mata Pelajaran SKI di MTs Negeri Margoyoso Pati Tahun Ajaran 2012/2013. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan melalui interview (wawancara) terhadap instansi terkait (MTs Negeri Margoyoso pati) dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran SKI, kemudian observasi, dan dokumentasi. Setelah peneliti memasuki obyek penelitian yakni MTs Negeri Margoyoso Pati, actor yaitu guru mata pelajaran SKI dan siswa-siswi kelas VII dan VIII, dan actifity yaitu suasana pembelajaran dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi yang telah tersedia, seperti halnya laptop, internet, overhead projector, dan lain-lain serta bagaimana siswa dalam meningkatkan pemahaman belajarnya pada mata pelajaran SKI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran SKI di MTs Negeri Margoyoso Pati Tahun Ajaran 2012/2013, yaitu: Pertama, pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam yang digunakan oleh guru SKI yaitu dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, guru menggunakan pembelajaran dengan cara menggunakan peralatan teknologi yang ada seperti laptop, LCD, power point, OHP dan internet. Melalui media/alat tersebut siswa mudah menerima materi yang disampaikan guru. Itu semua di lakukan agar siswa dapat belajar dengan efektif dan efisien dan tidak terlihat monoton. Kedua, prestasi belajar siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam adalah guru dapat menggunakan media/alat ini karena beliau ingin menumbuhkan kesenangan siswanya terhadap mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam. Dan dapat terbukti bahwa siswa yang menerima materi dengan cara melihat dan mendengar akan selalu mengingatnya, memahami dan mengetahui. Oleh karena itu, ada ketertarikan tersendiri dari siswa dalam belajar sehingga dapat meningkatkan prestasi. Ketiga, Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam adalah guru menggunakan teknologi yang telah ada yaitu media komputer, power point, overhead projector, LCD dan internet. Jika menggunakan perlatan teknologi siswa akan mudah menyerap materi karena antusias siswa yang tinggi dalam belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | teknologi informasi dan komunikasi; prestasi belajar siswa; mata pelajaran SKI |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 09 Jul 2017 03:26 |
Last Modified: | 09 Jul 2017 03:26 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1475 |
Actions (login required)
View Item |