PENGARUH PERSEPSI PESERTA DIDIK TENTANG KOMPETENSI GURU DALAM BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP PERILAKU BELAJAR PESERTA DIDIK DI MTS NU RAUDLATUS SHIBYAN PEGANJARAN BAE KUDUS TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Kustinah, Kustinah (2013) PENGARUH PERSEPSI PESERTA DIDIK TENTANG KOMPETENSI GURU DALAM BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP PERILAKU BELAJAR PESERTA DIDIK DI MTS NU RAUDLATUS SHIBYAN PEGANJARAN BAE KUDUS TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
SKRIPSI KUSTINAH_opt.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi peserta didik tentang kompetensi guru dalam bimbingan belajar terhadap perilaku belajar peserta didik di MTs NU Raudlatus Shibyan Peganjaran Bae Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu menekankan analisis data yang diolah dengan menggunakan rumus statistik. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, interview, angket dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan beberapa langkah yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Karena sebagian besar data dalam bentuk angka, maka untuk menganalisis data dan juga menguji hipotesa yang diajukan adalah dengan menggunakan rumus regresi. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh yang signifikan dari kompetensi guru dalam pembelajaran terhadap perilaku belajar peserta didik di MTs NU Raudlatus Shibyan Peganjaran Bae Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013. Hal ini ditunjukkan dengan model regresi = 21.432+ 0,654X. Model tersebut signifikan dan efektif untuk peramalan. Adapun nilai koefisien korelasi (r) antara kompetensi guru dalam pembelajaran dan perilaku belajar adalah 0.679. Korelasi tersebut termasuk kategori korelasi positif dan signifikan. Nilai koefisien determinasi yang didapat sebesar 46.10%. Nilai ini menunjukkan kompetensi guru dalam pembelajaran mempengaruhi perilaku belajar sebesar 46.10%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kompetensi guru; perilaku belajar
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Siswa, Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 09 Jul 2017 04:34
Last Modified: 09 Jul 2017 04:34
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1484

Actions (login required)

View Item View Item