Hubungan Manajemen Kelas terhadap Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Di RA Khurriyatul Fikri Tahun Ajaran 2023/2024

Nuraida, Rafika Devi (2024) Hubungan Manajemen Kelas terhadap Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Di RA Khurriyatul Fikri Tahun Ajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI KUDUS.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (624kB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (197kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (68kB)
[img] Text
4. Bab I.pdf

Download (345kB)
[img] Text
5. Bab II.pdf

Download (470kB)
[img] Text
6. Bab III.pdf

Download (512kB)
[img] Text
7. Bab IV.pdf

Download (405kB)
[img] Text
8. Bab V.pdf

Download (64kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (223kB)

Abstract

Penulisan skripsi ini membahas mengenai hubungan manajemen kelas terhadap kreativitas anak usia 5-6 tahun di RA Khurriyatul Fikri Desa Pasuruhan Lor. Dari penelitian ini memiliki tujuan, yaitu: 1) Untuk mengetahui manajemen kelas B di RA Khurriyatul Fikri tahun ajaran 2023/2024. 2) Untuk mengetahui kreativitas anak usia 5-6 tahun di RA Khurriyatul Fikri tahun ajaran 2023/2024. 3) Untuk mengetahui adanya hubungan manajemen kelas terhadap kreativitas anak usia 5-6 tahun di RA Khurriyatul Fikri tahun ajaran 2023/2024. Jenis dari penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Untuk populasi yang diteliti sebanyak 43 orang siswa di kelas B. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Data yang telah didapatkan kemudian dianalisa mengunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, dan uji linieritas. Uji hipotesis juga digunakan dalam penelitian ini yang meliputi uji korelasi, uji koefisien determinasi, dan uji regresi sederhana. Dari hasil analisa yang sudah dilaksanakan didapat kesimpulan bahwa Hubungan Manajemen Kelas Terhadap Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun di RA Khurriyatul Fikri Desa Pasuruhan Lor terdapat hubungan yang berada pada kategori kuat dengan nilai person correlation sebesar 0,651. Dengan hasil uji korelasi diperoleh nilai sig. sebesar 0,000, dimana nilai 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini membuktikan adanya hubungan antara manajemen kelas terhadap kreativitas anak usia 5-6 tahun di RA Khurriyatul Fikri. Kemudian berdasarkan dari nilai koefisien determinasi bahwa antara manajemen kelas (x) terhadap kreativitas anak usia 5-6 tahun (y) memiliki kontribusi sebesar 42,4% dengan sisanya 57,6% dipengaruhi variabel lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
UNSPECIFIEDMohtarom, MohtaromUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: manajemen kelas, kreativitas anak
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Pendidikan Dasar
Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Pra Sekolah, PAUD
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 13 Oct 2025 02:46
Last Modified: 13 Oct 2025 02:46
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14845

Actions (login required)

View Item View Item