Kurniastuti, Ade (2017) IMPLEMENTASI MANAJEMEN GURU PAI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEDAGOGIK DI MA NU WAHID HASYIM SALAFIYAH JEKULO KUDUS. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.
Text
1. COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
2. KATA PENGANTAR.pdf Download (783kB) |
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (381kB) |
|
Text
4. DAFTAR ISI.pdf Download (399kB) |
|
Text
5. BAB I.pdf Download (292kB) |
|
Text
6. BAB II.pdf Download (378kB) |
|
Text
7. BAB III.pdf Download (300kB) |
|
Text
8. BAB IV.pdf Download (385kB) |
|
Text
9. BAB V.pdf Download (287kB) |
|
Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (273kB) |
Abstract
Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui implementasi manajemen guru PAI dalam meningkatkan kemampuan pedagogik di MA NU Wahid Hasyim Salafiyah Jekulo Kudus. Fokus penelitian ini dijabarkan menjadi pertanyaan; 1) Bagaimana implementasi manajemen guru PAI dalam meningkatkan kemampuan pedagogik di MA NU Wahid Hasyim Salafiyah Jekulo Kudus?; 2) Bagaimana proses evaluasi manajemen guru PAI dalam meningkatkan kemampuan pedagogik di MA NU Wahid Hasyim Salafiyah?; 3) Bagaimana dampak atau hasil implementasi manajemen guru PAI dalam meningkatkan kemampuan pedagogik di MA NU Wahid Hasyim Salafiyah Jekulo Kudus? Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan pengamatan dengan berpartisipasi, wawancara secara mendalam dan dokumentasi. Adapun lokasi penelitiannya sendiri adalah di MA NU Wahid Hasyim Salafiyah Jekulo Kudus. Data penelitian yang terkumpul dianalisis menggunakan metode analisis data yang digunakan menggunakan metode yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman dengan tiga langkah, yaitu reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Manajemen guru PAI dalam meningkatkan kemampuan pedagogik di MA NU Wahid Hasyim Salafiyah Jekulo Kudus sudah relevan dengan standar perencanaan peningkatan kemampuan pedagogik yakni melalui tahap perencanaan dan pengadaan guru PAI, Proses pembinaan dan pengembangan guru PAI, pemberhentian guru PAI. 2) Proses evaluasi manajemen guru PAI dalam meningkatkan kemampuan sudah memenuhi persyaratan dalam proses evaluasi kompetensi guruyang secara garis besar meliputi aspek kedisiplinan, ketertiban, metode mengajar, penguasaan kelas, kelengkapan perangkat pembelajaran, dan kesesuaian setandar kompetensi dengan metode pembelajaran. 3) Dampak implementasi manajemen guru PAI dalam meningkatkan kemampuan pedagogik di MA NU Wahid Hasyim Salafiyah Jekulo Kudus memiliki dampak yang positif yakni dalam hal peningkatan kemampuan pedagogik yang terdiri dari meningkatnya pemahaman terhadap peserta didik terhadap materi pembelajan, terjadinya pengembangan materi pembelajaran, terciptanya metode mengajar yang menarik, terciptanya budaya tertib perlengkapan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | manajemen guru PAI; kompetensi pedagogik |
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Administrasi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 09 Jul 2017 04:46 |
Last Modified: | 09 Jul 2017 04:57 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1486 |
Actions (login required)
View Item |