Kholiq, Mahfhudz Idham (2024) mplementasi Kegiatan Muhadhoroh Dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Peserta Didik di MA Nurul Muttaqin. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
|
Text
cover-kata pengantar.pdf Download (732kB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (456kB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (456kB) |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (371kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (523kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (656kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (506kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (692kB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (545kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (577kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan kepercayaan diri, kemampuan retorika dan juga prestasi yang diiraih oleh peserta didik melalui sebuah kegiatan yang bernama Muhadhoroh. Kegiatan Muhadhoroh merupakan salah satu kegiatan yang wajib dilaksanakan di beberapa lembaga sekolah salah satunya adalah MA Nurul Muttaqin. Dalam menjalan sebuah program tentunya guru memiliki sebuah strategi yang dimiliki agar kegiatan muhadhoroh sendiri dapat mencapai keinginan dan tujuan yang direncanakan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Pada penelitian ini yang menjadi subjek adalah guru dan juga peserta didik MA Nurul Muttaqin Tulang Bawang Tengah, Tulang Bawang Barat. Data dari penelitian ini dikumpulkan melalui metode wawancara, observasi, dan juga dokumentasi. Analiis data melalui tahapan-tahapan yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah : (1) kegiatan muhadhoroh yang merupakan salah satu kegiatan dalam sebuah majelis. Dalam majelis tersebut peserta didik akan dibagi dalam sebuah kelompok yang berisikan peserta didik sekitar 6-7 orang yang terdiri dari kelas VII sampai dengan kelas XII. Kegiatan muhadhoroh akan dipimpin oleh petugas dari salah stau kelompok dengan berbagai rangkaian acara yaitu MC, Qiroah, pembacaan sholawat, Pidato 3 bahasa, dan pembacaan amalan. (2) implementasi kegiatan Muhadhoroh merupakan salah satu kegiatan yang terbukti dapat membentuk kepercayaan diri peserta didik sehingga mampu meraih prestasi dalam berbagai perlombaan. Metode yang digunakan oleh guru yang dapat membimbing peserta didik sehingga mampu untuk menjadi petugas menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan. Pembimbingan yang dilakukan 2-3 hari tersebut akan melatih peserta didik untuk tampil didepan pembimbing sehingga pada saat bertugas peserta didik mampu untuk tampil didepan umum terutama di dalam sekolah yaitu di depan teman-teman dan juga para guru
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Contributors: |
|
||||||
| Uncontrolled Keywords: | Muhadhoroh, Kepercayaan Diri, Majelis | ||||||
| Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Aktivitas Pembelajaran Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran > Media Pembelajaran Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > Tingkat Pertama dan Atas (SMP dan SMA) |
||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) | ||||||
| Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
| Date Deposited: | 05 Nov 2025 02:08 | ||||||
| Last Modified: | 05 Nov 2025 02:08 | ||||||
| URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14885 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
