Pengaruh Layanan Bimbingan Sosial pada Siswa Kelas IX A MTs Miftahul Huda Bojonegoro

Arifah, Nurir Rohmatul (2024) Pengaruh Layanan Bimbingan Sosial pada Siswa Kelas IX A MTs Miftahul Huda Bojonegoro. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
cover-kata pengantar.pdf

Download (831kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (630kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (561kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (681kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (794kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (897kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (457kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (638kB)

Abstract

Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui implementasi layanan bimbingan sosial terhadap kecerdasan interpersonal siswa MTs Miftahul Huda, 2) untuk mengetahui kondisi tingkat kecerdasan interpersonal siswa MTs Miftahul Huda. 3) untuk menegtahui pengaruh layanan bimbingan sosial untuk meningkatkan kecerdasan Interpersonal siswa MTs Miftahul Huda. Jenis penelitian ini adalah pre-eksperimental dengan desain penelitian one-group pretest-posttest. Subjek penelitian ini kelas IX A peserta didik MTs Miftahul Huda yang memiliki interaksi sosial rendah. Tekhnik penelitian yang digunakan adalah purposive sampling. Kemudian data yang diperoleh diananlisis menggunakan uji F. Hasil dari penelitian ini menunjukkan Guru BK yang ada di MTS Miftah Huda menggunakan bimbingan sosil vocational guidance dan personal-social guidance. Vocational guidance merupakan bimbingan yang membantu seseorang dalam memilih biasanya sesuai dengan minat, bakat untuk masa sekarang maupun untuk masa yang akan datang dilakukan atas kesadaran masing-masing pribadi agar dikemudian hari tidak mengakibatkan frustasi, serta kegagalan dalam tugas kehidupannya. Sedangkan personal-social guidance merupakan bimbingan dalam menangani serta mengatasi kesulitan maupun konflik-konflik yang dialami oleh seorang yang tidak dapat diselesaikan sehingga menyebabkan terancamnya kebahagiaan hidup, masalah sosial, serta -28,875, angka ini mewakili pengertian bahwa kecerdasan interpersonal siswa meningkat 28,875. Setelah diberikan layanan bimbingan sosial, peningkatan ini tergolong signifikan sesuai dengan nilai sig yang didapatkan yakni 0,000 (lebih kecil dari 0,05). Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Secara lebih detail pada ketiga indikator yang diujikan, kenaikan 11,125 pada indikator sensitivitas sosial, sedangkan pada indikator sosial insight 8,5 dan 9,25 pada indikator komunikasi sosial. ketiga kenaikan tersebut tergolong peningkatan signifikan terwakili dengan nilai sig di bawah 0,05 (0,000). Maka dari itu, layanan bimbingan sosial berpengaruh dalam meningkatkan kecerdasan interpersonal peserta didik. Peningkatan ini tidak hanya terbatas pada perubahan skor, tetapi juga mencerminkan perubahan nyata dalam kemampuan siswa untuk berinteraksi, berkomunikasi, dan memahami emosi orang lain. Sebagai implikasi praktis, temuan ini dapat digunakan sebagai dasar untuk merekomendasikan penerapan lebih lanjut dari layanan bimbingan sosial dalam konteks pendidikan. Memberikan perhatian khusus pada pengembangan kecerdasan interpersonal dapat menjadi strategi yang sangat baik untuk meningkatkan kualitas interaksi sosial dan kesejahteraan siswa secara keseluruhan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorUlyani, FaridaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Layanan, Bimbingan Sosial.Kecerdasan Interpersonal
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Bimbingan dan Penyuluhan Siswa, Konseling
Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > Tingkat Pertama dan Atas (SMP dan SMA)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 17 Nov 2025 08:43
Last Modified: 17 Nov 2025 08:43
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14942

Actions (login required)

View Item View Item