Fauzi, Ahmad (2024) Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas XI SMA NU Al-Ma’ruf Kudus Tahun Ajaran 2023-2024. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
|
Text
01. COVER.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (582kB) |
|
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (372kB) |
|
|
Text
04. BAB I.pdf Download (509kB) |
|
|
Text
05. BAB II.pdf Download (783kB) |
|
|
Text
06. BAB III.pdf Download (512kB) |
|
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (718kB) |
|
|
Text
08. BAB V.pdf Download (485kB) |
|
|
Text
08. BAB V.pdf Download (485kB) |
|
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (802kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya lembaga pendidikan atau sekolah yang mengalami kendala dalam menerapkan Kurikulum Merdeka khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan: 1) Persepsi Guru PAI dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas XI SMA NU Al-Ma’ruf Kudus. 2) Faktor Pendukung dan Penghambat Implementasi Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. 3) Implementasi Kurikulum pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas XI SMA NU Al-Ma’ruf Kudus. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (Field Research) dengan pendekatan kualitatif. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara dengan kepala sekolah, Waka Kurikulum, guru PAI kelas XI, dan peserta didik kelas XI, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan analisis data sebelum dilapangan berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data. Setelah data-data terkumpul dan dianalisis dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan maka diperoleh hasil penelitian diantaranya: 1) Persepsi guru mata pelajaran PAI di kelas XI SMA NU Al-Ma’ruf Kudus tentang Implementasi Kurikulum Merdeka. persepsi guru PAI di kelas XI dalam implementasi kurikulum merdeka secara keseluruhan memiliki persepsi yang baik. 2) faktor pendukung dan faktor penghambat dalam implementasi kurikulum merdeka pada mata pelajaran PAI, faktor pendukung diantaranya adanya partisipasi aktif dari guru dan sekolah, sarana prasarana yang mendukung proses pembelajaran, peningkatan kompetensi guru. Sedangkan faktor penghambat kurangnya sosialisasi, alokasi waktu, dan faktor penghambat lainnya yaitu terbatasnya waktu guru dalam mempelajari Kurikulum merdeka baik kurangnya sosialisasi dan pelatihan kurikulum merdeka dan guru harus dituntut untuk berinovasi menggunakan metode belajar yang tidak membosankan agar peserta didik pada saat pembelajaran tidak merasa bosan. 3) Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran PAI, Implementasi kurikulum merdeka pada mata pelajaran PAI terdiri dari 3 kegiatan yang pertama kegiatan pendahuluanterdiri dari salam pembuka dan mengkondisikan kelas agar kondusif, lalu kegiatan inti terdiri dari penyampaian materi yang akan diajarkan dengan bahasa yang mudah dimengerti oleh peserta didik dan terakhir kegiatan penutup. Serta pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Contributors: |
|
||||||
| Uncontrolled Keywords: | Implementasi Kurikulum Merdeka, Mata Pelajaran PAI | ||||||
| Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > Tingkat Pertama dan Atas (SMP dan SMA) Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Kurikulum |
||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) | ||||||
| Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
| Date Deposited: | 19 Nov 2025 07:49 | ||||||
| Last Modified: | 19 Nov 2025 07:49 | ||||||
| URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14955 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
