UPAYA MEMBIASAKAN ANAK DIDIK BERBAHASA SANTUN MELALUI PENGGUNAAN BAHASA JAWA KRAMA DALAM PROSES PROSES PENGEMBANGAN NIALI – NILAI AGAMA DAN MORAL DI TK PERTIWI MEDINI UNDAAN KUDUS TAHUN AJARAN 2012/2013

Ubadillah, Muhammad Zaim (2013) UPAYA MEMBIASAKAN ANAK DIDIK BERBAHASA SANTUN MELALUI PENGGUNAAN BAHASA JAWA KRAMA DALAM PROSES PROSES PENGEMBANGAN NIALI – NILAI AGAMA DAN MORAL DI TK PERTIWI MEDINI UNDAAN KUDUS TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
SKRIPSI MUHAMMAD ZAIM UBADILLAH - 108025 _opt.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pelaksanaan Pengembangan Niali – nilai Agama dan Moral menggunakan Bahasa Jawa Krama dalam membiasakan berbahasa santun anak didik di TK Pertiwi Medini Undaan Kudus merupakan proses pembelajaran dimana siswa berlatih menguatkan mental untuk berani mengungkapkan kata-katanya dengan Bahasa Jawa Krama di depan teman-temannya, yaitu dengan cara siswa ketika masuk langsung bersalaman kepada para guru sambil mengucapkan salam kemudian duduk dilanjutkan, guru mengucapkan lebih dahulu kemudian peserta didik disuruh menirukan dan mengaplikasikannya ketika di kelas maupun di masyarakat. Walaupun begitu namanya anak-anak ketika diterangkan menjawab sudah paham dan mau mengaplikasikannya tetapi kenyataannya ada yang bisa ada yang tidak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) prilaku berbahasa santun anak didik di TK Pertiwi Medini Undaan Kudus. 2) pelaksanaan Proses Pengembangan Niali – nilai Agama dan Moral menggunakan Bahasa Jawa Krama dalam membiasakan berbahasa santun anak didik di TK Pertiwi Medini Undaan Kudus. 3) faktor apa yang mendukung dalam pelaksanaan Proses Pengembangan Niali – nilai Agama dan Moral menggunakan Bahasa Jawa Krama dalam membiasakan berbahasa santun anak didik di TK Pertiwi Medini Undaan Kudus. 4) dampak pelaksanaan Proses Pengembangan Niali – nilai Agama dan Moral menggunakan Bahasa Jawa Krama dalam membiasakan berbahasa santun anak didik di TK Pertiwi Medini Undaan Kudus. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Field research (penelitian lapangan) yang disajikan secara diskriptif kualitatif. Kemudian data yang telah terkumpul akan diadakan penganalisaan dengan pendekatan kualitatif deskriptif untuk mengetahui bagaimana Upaya Membiasakan Anak Didik berbahasa Santun melalui Penggunaan Bahasa Jawa Krama dalam Proses Proses Pengembangan Niali – nilai Agama dan Moral di TK Pertiwi Medini Undaan Kudus Tahun Ajaran 2012/2013. Hasil penelitian menunjukan bahwa Upaya Membiasakan Anak Didik berbahasa Santun melalui Penggunaan Bahasa Jawa Krama dalam Proses Pengembangan Niali – nilai Agama dan Moral di TK Pertiwi Medini Undaan Kudus memang lebih menambah wawasan siswa dalam materi Keagamaan karena berbeda dengan Taman kanak-kanak yang lain. Inilah yang menjadi ciri khas TK ini yang tidak meninggalkan pembelajaran yang berhubungan dengan sopan santun.. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi mahasiswa, para tenaga pendidik, peneliti, dan semua pihak terutama dalam memberi pertolongan dan motivasi kepada rekan-rekan mahasiswa agar senantiasa meningkatkan kualitas penelitian pada masa yang akan datang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: berbahasa Santun; Penggunaan Bahasa Jawa Krama Krama
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Siswa, Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 09 Jul 2017 05:51
Last Modified: 09 Jul 2017 05:51
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1504

Actions (login required)

View Item View Item