Mufidah, Erna (2017) PELAKSANAAN PROGRAM TAHFIZH AL QUR’AN DI MTS NU AL HIDAYAH DESA GETASSRABI KECAMATAN GEBOG KABUPATEN KUDUS TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.
Text
01. COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (1MB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (1MB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (1MB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian yang dilakukan peneliti tentang pelaksanaan program tahfizh al-Qur’an di MTs NU Al Hidayah Desa Getassrabi Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan program tahfizh al-Qur’an yang ada di MTs NU Al Hidayah Getassrabi Gebog Kudus yang meliputi pelaksanaan kegiatan setiap hari, metode tahfizh al-Qur’an yang digunakan, target yang dicapai, sistem evaluasi, serta faktor pendukung dan penghambatnya. Manfaat dari penelitian ini adalah memberikan pengetahuan kepada masyarakat terkait praktik pelaksanaan tahfizh al-Qur’an yang ada di MTs NU Al Hidayah, sehingga dapat dijadikan referensi bagi sekolah atau madrasah yang ingin menerapkan program tahfizh al-Qur’an dan juga dapat menjadi motivasi bagi para generasi muda supaya tertarik menghafal al-Qur’an. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data yang peneliti gunakan yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Adapun informan dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, Wali kelas VIII (G), guru pengampu tahfizh al-Qur’an dan peserta didik kelas khusus putri kelas VIII (G) di MTs NU Al Hidayah Getassrabi Gebog Kudus. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya peneliti melakukan uji keabsahan data dengan cara perpanjangan pengamatan, uji peningkatan ketekunan, menggunakan referensi, dan triangulasi. Selanjutnya untuk analisis data yaitu reduksi data, display data dan verifikasi atau kesimpulan. Mengenai penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan program tahfizh al-Qur’an di MTs NU Al Hidayah Getassrabi Gebog Kudus dalam satu kelas khusus tahfizh al-Qur’an kelas VIII (G) terdapat 32 peserta didik putri yang di bagi menjadi tiga kelompok berdasarkan tingkat kemampuan peserta didik yang diampu oleh satu guru hafizh atau hafizhah. Pelaksanaan program tahfizh al-Qur’an dimulai dari pukul 07.00-11.00 pada waktu jam aktif sekolah dengan kegiatan setoran hafalan baru dan hafalan lama (muroja’ah), membaca binnadzar serta sema’an ayatan. Peserta didik di target hafalan 15 juz selama 3 tahun jadi kelas VII juz 1-5, kelas VIII juz 6-10, dan kelas IX juz 11-15. Adapun metode menghafal al-Qur’an yang paling ditekankan di MTs NU Al Hidayah adalah metode wahdah, talaqqi, dan muroja’ah. Selain itu strategi yang digunakan tahfizh al-Qur’an yaitu pengulangan ganda, dan talaqqi kepada guru tahfizh. Evaluasi yang digunakan terdiri dari evaluasi harian dan evaluasi setiap semester, yang mana dalam evaluasi tersebut terdapat buku prestasinya. Adapun faktor pendukungnya meliputi inteligensi yang baik, sema’an, alat bantu pensil, dan lingkungan kondusif, kemudian faktor penghambatnya meliputi faktor internal dan faktor eksternal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tahfizh al-Qur’an; MTs NU Al Hidayah |
Subjects: | Al-Qur`an dan Ilmu yang berkaitan Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 16 Jul 2017 03:57 |
Last Modified: | 16 Jul 2017 03:57 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1550 |
Actions (login required)
View Item |