PENGARUH ATRIBUT PRODUK, PRICE AND QUALITY TERHADAP BRAND SWITCHING KONSUMEN KE PRODUK KOSMETIK WARDAH DALAM PERSPEKTIF EKONOMI SYARI'AH PADA MAHASISWI STAIN KUDUS TAHUN AKADEMIK 2014/2014

Rohmah, Tri Noor (2015) PENGARUH ATRIBUT PRODUK, PRICE AND QUALITY TERHADAP BRAND SWITCHING KONSUMEN KE PRODUK KOSMETIK WARDAH DALAM PERSPEKTIF EKONOMI SYARI'AH PADA MAHASISWI STAIN KUDUS TAHUN AKADEMIK 2014/2014. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
SKRIPSI TRI NOOR ROHMAH_opt.pdf

Download (7MB)

Abstract

Perilaku konsumen adalah tindakan yang langsung terlibat dalam mendapatkan, mengkonsumsi, dan menghabiskan produk dan jasa, termasuk proses keputusan yang mendahului dan menyusuli tindakan ini. Teori perilaku konsumen dalam perspektif islam dibangun atas dasar syari’ah islam, yang ternyata memiliki perbedaan mendasar dengan teori konvensional. Perbedaan ini menyangkut nilai dasar yang menjadi pondasi teori, motif dan tujuan konsumsi, hingga teknik pilihan dan alokasi anggaran untuk berkonsumsi. Tujuan penelitian ini adalah: Pertama, untuk mengetahui pengaruh atribut produk terhadap brand switching konsumen ke produk kosmetik wardah. Kedua, untuk mengetahui pengaruh price terhadap brand switching konsumen ke produk kosmetik wardah. Ketiga, untuk mengetahui pengaruh quality terhadap brand switching konsumen ke produk kosmetik wardah. Keempat, untuk mengetahui pengaruh atribut produk, price, and quality terhadap brand switching konsumen ke produk kosmetik wardah. Penelitian ini menggunakan pendekatan field research dengan menggunakan metode angket adapun teknik pengambilan sampel menggunakan sampling insidental yang disebarkan ke 98 mahasiswi STAIN Kudus yang pernah berpindah merek ke produk kosmetik wardah, metode analisis data menggunakan metode analisis regresi berganda dengan bantuan program olah data SPSS versi 16. Dari hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara atribut produk terhadap brand switching konsumen ke produk kosmetik wardah. Hal ini terlihat dari nilai t hitung lebih besar dari t tabel (16,502 >1,661) dan nilai p value (Sig) 0,000 yang berada di bawah 0,05 (tingkat signifikansi), terdapat pengaruh antara price terhadap brand switching konsumen ke produk kosmetik wardah. Hal ini terlihat dari nilai t hitung lebih besar dari t tabel (3,583 >1,661) dan nilai p value (Sig) 0,001 yang berada dibawah 0,05 (tingkat signifikansi), terdapat pengaruh negatif antara quality terhadap brand switching konsumen ke produk kosmetik wardah. Hal ini terlihat dari nilai t hitung yang lebih besar dari t tabel (-7,242 > -1,661) dan nilai p value (Sig) 0,000 yang berada dibawah 0,05 (tingkat signifikansi). Terdapat pengaruh yang signifikan antara atribut produk, price, and quality terhadap brand switching konsumen ke produk kosmetik wardah. Hal ini terlihat dari nilai F hitung yang lebih besar dari F tabel (245,675 > 2,70) dan nilai p value (Sig) 0,000 yang berada bibawah 0,05 (tingkat signifikansi). Dan secara koefisien determinasi menunjukkan bahwa variasi perubahan variabel brand switching konsumen ke produk kosmetik wardah dapat dijelaskan oleh variabel atribut produk, price, and quality sebesar 83,3%, dan sisanya 16,7% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Atribut Produk; price; quality, brand switching konsumen
Subjects: Fiqih
Fiqih > Mu`alamat
Fiqih > Mu`alamat > Jual Beli
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 380 Perdagangan, Komunikasi, Transportasi > Perdagangan
Divisions: Fakultas Syariah > Ekonomi Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 22 Jul 2017 02:33
Last Modified: 22 Jul 2017 02:33
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1606

Actions (login required)

View Item View Item