KORELAS I ANTARA KEMAMPUAN KOGNITIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAMA DENGAN PERILAKU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA DI SMK NU MIFTAHUL FALAH CENDONO DAWE KUDUS TAHUN 2012/2013

Chasanah, Uswatun (2013) KORELAS I ANTARA KEMAMPUAN KOGNITIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAMA DENGAN PERILAKU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA DI SMK NU MIFTAHUL FALAH CENDONO DAWE KUDUS TAHUN 2012/2013. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
SKRIPSI USWATUN CHASANAH 108 105_opt.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kemampuan kognitif adalah pengetahuan dan pemahaman terhadap materi pelajaran yang disampaikan oleh pendidik atau guru dalam proses belajar mengajar, di mana murid yang semula tidak tahu menjadi tahu, semula tidak paham menjadi paham terhadap materi pelajaran yang telah disampaikan pada saat berlangsungnya proses pembelajaran. Namun realitas yang sekarang ini terjadi adalah banyak siswa yang mendapatkan nilai tinggi dalam pelajaran agama Islam di rapot mereka, tetapi perilakunya masih jauh dari ajaran Islam. Padahal nilai yang tinggi itu menandakan kemampuan kognitif yang bagus dan seharusnya dengan pengetahuan itu mereka dapat merealisasikanya dalam perilaku beragama. Tetapi kenyataannya berbeda, seperti yang sering kita lihat sekarang ini, mulai dari bacaan dan tontonan para siswa, yang seharusnya membaca buku p elajaran tapi malah membaca buku dan menonton hal- hal yang dilarang oleh agama, prilaku amoral yang diakibatkan penyalahgunaan teknologi, tidak menjalankan solat lima waktu padahal disekolah para siswa sudah di ajarkan sholat, mabuk - mabukan dan yang paling memprihatinkan adalah pergaulan bebas dikalangan siswa yang tidak hanya meresahkan orang tua tetapi juga masyarakat dan sederet prilaku lainnya. Berdasarkan hal tersebut maka dapat dirumuskan permasalahan,1) bagaimana kemampuan kognitif pendidikan agama Islam siswa, 2) bagaimana perilaku pendidikan agama Isaam siswa, dan 3) adakah korelasi antara kemampuan kognitif pendidikan agama Islam siswa dengan perilaku endidikan agama Isam siswa. Tujuan dari penelitian adalah: ,1) bagaimana kemampuan PAI siswa, 2) bagaimana perilaku PAI siswa, dan 3) adakah korelasi antara kemampuan kognitif PAI siswa dengan perilaku PAI siswa. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan metode korelasional. Instrumen yang digunakan adalah tes dan angket. Dalam penganalisaan menggunakan teknik one sample t test yang diteruskan korelasi pearson. Hasil dari penelitian adalah bahwa: 1) kemampuan kognitif P AI siswa adalah paling sedikit 70, 2) perilaku P AI siswa paling besar 70% yang diharapkan 3) ada korelasi antara kemampuan kognitif PAI dengan perilaku PAI sebesar 0,474 dengan kategori sedang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Ranah Kognitif PAI; Perilaku PAI; Pembelajaran PAI
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Siswa, Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 22 Jul 2017 02:40
Last Modified: 22 Jul 2017 02:40
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1608

Actions (login required)

View Item View Item