Nisa’, Noor Izzatin (2015) STUDI ANALISIS PENGKONVERSIAN NILAI HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN FIQIH DI MADRASAH ALIYAH NU BANAT KUDUS TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.
Text
NOOR IZZATIN NISA' 111421_opt.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui bagaimanakah teknik pengkonversian nilai hasil belajar pada mata pelajaran Fiqih di Madrasah Aliyah NU Banat Kudus. Fokus penelitian ini dijabarkan menjadi pertanyaan; 1) Bagaimana konsep evaluasi skor hasil belajar pada mata pelajaran Fiqih di Madrasah Aliyah NU Banat Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015?; 2) Bagaimana proses evaluasi pada mata pelajaran Fiqih di Madrasah Aliyah NU Banat Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015?; 3) Bagaimana teknik pengkonversian nilai hasil belajar mata pelajaran fiqih Di Madrasah Aliyah NU Banat Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015? Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan pengamatan dengan berpartisipasi, wawancara secara mendalam dan dokumentasi. Adapun lokasi penelitiannya sendiri adalah di Madrasah Aliyah NU Banat Kudus. Data penelitian yang terkumpul dianalisis menggunakan metode analisis data yang digunakan menggunakan metode yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman dengan tiga langkah, yaitu reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil analisis data tersebut adalah sebagai berikut: Pertama, konsep evaluasi pada mata pelajaran Fiqih di Madrasah Aliyah NU Banat Kudus tentang perencanaan evaluasi sudah memenuhi persyaratan sebagai alat ukur yang baik berdasarkan persyaratan teknis yang meliputi keseimbangan dan kekhususan melalui pembuatan kisi-kisi dan objektif dengan cara membuat pedoman penskoran. Kedua, proses evaluasi pada mata pelajaran Fiqih di Madrasah Aliyah NU Banat Kudus sudah sesuai dengan standar penilaian pendidikan sebagaimana yang tercantum dalam peraturan menteri dan kebudayaan yang mencakup tiga aspek yakni kognitif, afektif dan psikomotorik untuk kelas XI dan XII, sedangkan untuk kelas X meliputi aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan. Ketiga, teknik pengkonversian nilai hasil belajar yang ada di Madrasah Aliyah NU Banat Kudus berbeda dengan tabel pedoman yang tercantum dalam peraturan menteri dan kebudayaan Nomor 81A Tahun 2013 tentang implementasikurikulum 2013 karena mengacu pada kriteria ketuntasan minimal (KKM).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | evaluasi; teknik pengkonversian nilai; mata pelajaran Fiqih |
Subjects: | Fiqih 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Siswa, Peserta Didik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 22 Jul 2017 03:20 |
Last Modified: | 22 Jul 2017 03:20 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1613 |
Actions (login required)
View Item |