”ANALISIS IMPLEMENTASI SUBJECT MASTER KURIKULUM MADRASAH DINIYAH KE DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SD MUHAMMADIYAH PASURUHAN JATI KUDUS”

Syafi’i, Imam (2016) ”ANALISIS IMPLEMENTASI SUBJECT MASTER KURIKULUM MADRASAH DINIYAH KE DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SD MUHAMMADIYAH PASURUHAN JATI KUDUS”. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1.Cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (8MB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (8MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (8MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (9MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (8MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (9MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (8MB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (8MB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan Pelajaran Agama Islam melalui Pelajaran Diniyah secara umum, faktor pendukung dan penghambat dalam pengembangan Pelajaran Agama Islam melalui Pelajaran Diniyah di SD Muhammadiyah Pasuruhan Jati Kudus. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif . Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui interview (wawancara), observasi dan dokumentasi. Metode interview (wawancara) ditujukan kepada instansi terkait (SD Muhammadiyah Pasuruhan Kecamatan Jati Kabupaten Kudus) seperti kepada kepala sekolah, dan guru diniyah. Sesuai dengan penelitian lapangan bahwa hasil penelitian tentang Analisa Pengembangan Pelajaran Agama Islam melalui pelajaran Diniyah sudah masuk pada jadwal sekolah sehingga pelaksanaan pelajaran Diniyah bersamaan dengan pelajaran umum yang sesuai dengan jadwal yang sudah ada. Seperti pada pembelajaran pada umumnya bahwa dalam suatu proses pembelajaran terdiri dari berbagai komponen, diantaranya tujuan pembelajaran, materi, metode, media, dan evaluasi. Faktor pendukung dalam pengembangan pelajaran Diniyah adalah adanya dukungan dari kepala sekolah, antusias siswa, dan adanya guru yang professional. Adapun faktor penghambat dalam pengembangan pelajaran Diniyah adalah adanya sebagian siswa yang tidak bisa membaca al-qur’an, kurangnya motivasi dan minat pada diri anak, dan karena faktor lingkungan. Pengembangan pelajaran Diniyah cukup efektif dalam meningkatkan keberhasilan siswa pada pembelajaran Pelajaran Agama Islam di SD Muhammadiyah Pasuruhan. Karena selain mengajarkan anak untuk bisa memahami al-qur’an juga mengajarkan bagaimana cara membaca secara fasih dan benar. Selain itu, dengan adanya Pembelajaran Diniyah di SD Muhammadiyah Pasuruhan bisa membantu atau memotivasi siswa yang tidak bisa memahami al-qur’an untuk mau mempelajarinya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan pembelajaran Pelajaran Diniyah
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar > Sekolah Dasar (SD, TK, Play Group)
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 03 Dec 2016 08:20
Last Modified: 03 Dec 2016 08:20
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/172

Actions (login required)

View Item View Item