Adib, Ubaidillah (2017) PENGEMBANGAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN MENUJU KURIKULUM 2013 DITINJAU DARI LANDASAN FILOSOFIS, PSIKOLOGIS, SOSIAL BUDAYA, ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI DI MTS DARUL FALAH SIRAHAN CLUWAK PATI. Masters thesis, STAIN Kudus.
Text
2. Abstrak.pdf Download (1MB) |
|
Text
1. Cover.pdf Download (1MB) |
|
Text
3. Daftar Isi.pdf Download (259kB) |
|
Text
4. Bab 1.pdf Download (401kB) |
|
Text
5. Bab 2.pdf Download (951kB) |
|
Text
6. Bab 3.pdf Download (507kB) |
|
Text
7. Bab 4.pdf Download (951kB) |
|
Text
8. Bab 5.pdf Download (253kB) |
|
Text
9. Daftar Pustaka.pdf Download (367kB) |
Abstract
Pengembangan kurikulum merupakan keniscayaan bagi institusi pendidikan agar proses dan hasil pendidikan tidak menyimpang dan mampu menjawab kebutuhan masyarakat sesuai tuntutan zaman. Proses pengembangan kurikulum hendaknya mempertimbangkan beberapa landasan utama yaitu landasan filosofis, psikologis, sosial-budaya, ilmu pengetahuan dan teknologi. Berdasarkan latar belakang penelitian dapat dikemukakan rumusan masalah sebagai berikut: (1) Konsep Kurikulum 2013 di MTs Darul Falah Sirahan (2) Landasan filosofis, psikologis, sosial budaya serta ilmu pengetahuan dan teknologi dalam upaya pengembangan Kurikulum 2013 MTs Darul Falah Sirahan Cluwak Pati (3) Efektivitas pengembangan Kurikulum 2013 MTs Darul Falah Sirahan Cluwak Pati Sesuai dengan rumusan masalah yang ada penelitian ini memiliki tujuan: (1) Mendeskripsikan Konsep Kurikulum 2013 di MTs Darul Falah Sirahan (2) Mengetahui aspek-aspek landasan filosofis, psikologis, sosial budaya, ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai landasan pengembangan Kurikulum 2013 di MTs Darul Falah Sirahan. Tempat penelitian ini adalah di MTs Darul Falah Desa Sirahan Kecamatan Cluwak Kabupaten Pati. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi atau studi literatur. Berdasarkan dari hasil analisis data pada penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Konsep Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan MTs Darul Falah dikembangkan mengacu pada Standar Nasional Pendidikan yang disusun oleh Badan Standar Nasional Pendidikan dengan tetap memperhatikan karakteristik peserta didik dan mengakomodir aspirasi masyarakat setempat. (2) Pengembangan Kurikulum 2013 MTs Darul Falah dilandasi filosofis yang meliputi filsafat idealisme, realisme, fragmatisme, pendidikan nasional. Ditinjau landasan psikologis terdapat dua aspek yaitu psikologi perkembangan dan psikologi belajar. Ditinjau dari landasan sosial budaya MTs Darul Falah mempertimbangkan pendidikan dan kehidupan beragama di masyarakat serta perubahan-perubahan di masyarakat. Ditinjau dari landasan ilmu pengetahuan dan teknologi, MTs Darul Falah Perkembangan ilmu pengetahuan serta perkembangan dan transformasi teknologi (3) Efektivitas pengembangan kurikulum 2013 dapat dilihat meningkatnya nilai rata-rata Ujian Akhir Semester , Ujian Madrasah, Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional, ketuntasan belajar kompetensi dasar ubudiyah. Kata Kunci: Pengembangan Kurikulum 2013, Landasan kurikulum, landasan filosofis, landasan psikologis, landasan Sosial Budaya, landasan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan Kurikulum 2013; Landasan kurikulum; landasan filosofis; landasan psikologis; landasan Sosial Budaya; landasan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Kurikulum |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 04 Oct 2017 01:38 |
Last Modified: | 04 Oct 2017 01:38 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1725 |
Actions (login required)
View Item |