FIKRI, AMIN (2017) KEPEMIMPINAN STRATEGIS UNTUK MENCIPTAKAN KEUNGGULAN BERSAING LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM (STUDI DI MIS NU MATHOLI’UL HUDA KALIWUNGU KUDUS). Masters thesis, STAIN Kudus.
Text
1. Cover.pdf Download (2MB) |
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (2MB) |
|
Text
3. Daftar Isi.pdf Download (2MB) |
|
Text
4. BAB 1.pdf Download (2MB) |
|
Text
5. BAB 2.pdf Download (2MB) |
|
Text
6. BAB 3.pdf Download (2MB) |
|
Text
7. BAB 4.pdf Download (3MB) |
|
Text
8. BAB 5.pdf Download (2MB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian bermaksud untuk mengetahui atau mendeskripsikan strategi atau kebijakan kepala madrasah, bentuk keunggulan bersaing yang diciptakan, dan hambatan serta dorongan pada proses pelaksanaan strategi atau kebijakan pada proses manajerial madrasah menciptakan keunggulan bersaing di MIS NU Matholi’ul Huda Kaliwungu Kudus. Untuk mengetahui hal tersebut secara detail dan dapat dipertanggung jawabkan secara ilmiah, digunakan penelitian lapangan berpendekatan deskriptif kualitatif. Adapun sumber data berjumlah 6 (enam) pendidik, yaitu: kepala madrasah, waka madrasah, pembina kesiswaan, pembina sarana prasarana, pendidik kelas bawah, dan pendidik kelas atas. Pengumpulan data melalui metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan melalui teknik triangulasi data, bahan referensi proses penelitian, dependability, dan konfirmability. Analisis data menggunakan model Miles and Huberman, terdiri dari: reduksi data, display data, dan konklusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Strategi atau kebijakan kepala madrasah MIS NU Matholi’ul Huda Kaliwungu Kudus terbentuk melalui proses manajemen strategi dari 3 (tiga) tahapan, yaitu: perencanaan; implementasi; dan evaluasi, dan membentuk 3 (tiga) manajemen, yaitu: a) manajemen sumber daya manusia, b) manajemen sarana prasarana pendidikan, dan c) manajemen peningkatan mutu. Strategi dan kebijakan merupakan hasil pengamatan dan analisis secara bertahap dan berkesinambungan yang telah dikordinasikan dan dikonsultasikan bersama bertujuan menciptakan keunggulan bersaing dalam pelayanan pendidikan. Manajemen yang terdapat dalam manajemen strategi saling berhubungan sehingga setiap manajemen tidak dapat terlaksana tanpa dukungan dari manajemen lainnya. 2) Bentuk keunggulan bersaing berupa diferensiasi terdiri dari 2 (dua) bentuk, yaitu: a) bentuk pelayanan pendidikan madrasah berupa pembelajaran tuntas; pengembangan soft skills; dan penambahan muatan lokal, b) bentuk fasilitas pembina pada bidang pelayanan pendidikan. 3) Hambatan dan dorongan terdiri dari 2 (dua) wilayah, yaitu: a) internal madrasah, hambatan meliputi: keterbatasan dana; keterbatasan prasarana dan jumlah sarana; dan ketidakdisiplinan waktu pendidik pada pembuatan dan pengumpulan RPP, sedangkan dorongan berupa ketepatan kepala madrasah dalam pembagian tugas dan wewenang sesuai kompetensi, b) eksternal madrasah, hambatan berupa keadaan ekonomi wali peserta didik kurang mendukung kegiatan madrasah, sedangkan dorongan berupa tingginya tingkat kepercayaan masyarakat kepada madrasah
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepemimpinan Strategis; Kepala Madrasah; Keunggulan Bersaing |
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 10 Oct 2017 07:12 |
Last Modified: | 10 Oct 2017 07:12 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1833 |
Actions (login required)
View Item |