RATMAWATI, DIAN NOVITA (2017) PENGARUH TEKNIK PREDICT OBSERVE EXPLAIN (POE) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTS NU HASYIM ASY’ARI 01 KUDUS TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.
Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (867kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (874kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (945kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (1MB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (872kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (869kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui penerapan teknik Predict Observe Explain (POE) pada mata pelajaran Fiqih di Mts NU Hasyim Asy’ari 01 Kudus tahun pelajaran 2017/2018, (2) untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran Fiqih di Mts NU Hasyim Asy’ari 01 Kudus tahun pelajaran 2017/2018, (3) untuk mengetahui adanya pengaruh teknik Predict Observe Explain (POE) terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran Fiqih di Mts NU Hasyim Asy’ari 01 Kudus tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research) suatu penelitian dimana peneliti langsung terjun ke lapangan untuk memperoleh data atau informasi secara langsung dengan mendatangi responden. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara angket, wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Dalam penelitian ini penulis melakukan studi lapangan di MTs NU Hasyim Asy’ari 01 Kudus yakni pada ruang lingkup kelas IX. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari semua kelas IX yang berjumlah 41 peserta didik, kemudian diambil sampel sebesar 36, cara pengambilan sampelnya dengan menggunakan teknik simple random sampling. Dalam analisis ini penulis menggunakan analisis statistik yaitu regresi sederhana dan korelasi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan teknik Predict Observe Explain (POE) pada mata pelajaran Fiqih di MTs NU Hasyim Asy’ari 01 Kudus tahun pelajaran 2017/2018 dalam kategori baik yaitu 111,36. 2) Kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran Fiqih di MTs NU Hasyim Asy’ari 01 Kudus tahun pelajaran 2017/2018 dalam kategori baik yaitu 89,5277778. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara teknik Predict Observe Explain (POE) dengan peningkatan kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran Fiqih, dengan model Ŷ = -197,744 + 2,572 X hubungan keduanya positif dan signifikan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Teknik Predict Observe Explain (POE); kemampuan berpikir kritis; Fiqih |
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 30 Apr 2018 03:17 |
Last Modified: | 30 Apr 2018 03:17 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2107 |
Actions (login required)
View Item |