SARI, DOFI FATMALA (2018) PENGGTJNAAN MEDIA VIDEO DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI KELAS VIII MTS AL KHIDMAII PENDOSAWALAI\ KALIIYYAMATAN JEPARA TAHTIN PELAJARAN 2017 I2OI8. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (3MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (142kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (241kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (394kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (731kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (359kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (506kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (188kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (357kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat secara nyata penggunaan media video dalam pembelajaran aqidah akhlak di kelas VIII MTs Al Khidmah Pendosawalan Kalinyamatan Jepara tahun pelajaran 2017/2018. Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui penggunaan media video dalam pembelajaran aqidah akhlak di kelas VIII MTs Al Khidmah Pendosawalan Kalinyamatan Jepara tahun pelajaran 2017/2018. 2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dari penggunaan media video dalam pembelajaran aqidah akhlak di kelas VIII MTs Al Khidmah Pendosawalan Kalinyamatan Jepara tahun pelajaran 2017/2018 Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian di MTs Al Khidmah Pendosawalan Kalinyamatan Jepara. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, Waka Kurikulum, guru mata pelajaran aqidah akhlak dan peserta didik kelas VIII. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukan adanya, pertama: media video ini tidak digunakan di semua materi pelajaran aqidah akhlak. Untuk memperoleh tujuan yang diharapkan dari penggunaan media video dalam pembelajaran aqidah akhlak yaitu mulai dari persiapan, pelaksanaan hingga pengemasan dan evaluasi semua harus berjalan seimbang, seperti menyiapkan RPP, media belajar, kondisi fisik dan emosional yang bagus terlebih dahulu. Hasil yang terjadi di lapangan yaitu penggunaan media video menjadikan peserta didik menjadi lebih memahami maksud pembelajaran karena melihat secara langsung teladan dalam tayangan, lebih positif dalam bersikap seperti bijak dalam bersikap dan berpendapat, lebih menghargai guru ketika proses pembelajaran, semakin cinta lingkungan, tolong menolong, semakin memperbaiki kualitas akhlak dan ibadah baik di dalam kelas maupun di luar kelas dan lain sebagainya. Kedua: Faktor pendukung dan penghambat penggunaan media video. (1) Faktor pendukung, yaitu: sarana dan prasarana yang memadai (LCD), ruang kelas yang nyaman, keahlian guru dalam pengoprasian komputer dan mengemas pembelajaran, motivasi dan minat yang ditunjukan peserta didik (mempelajari hal baru diluar buku), serta kepribadian peserta didik. (2) faktor penghambat, yaitu: jam pelajaran yang sangat terbatas, banyak peserta didik yang ingin mengungkapkan pendapat, peserta didik gaduh karena perbedaan pendapat, kendala ketika listrik padam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Video; Pembelajaran Aqidah Akhlak. |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 25 Mar 2019 03:36 |
Last Modified: | 25 Mar 2019 03:36 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2220 |
Actions (login required)
View Item |