AFIF, ISMAN NUR (2018) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BAHASA JAWA UNTUK MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK DI MTs NU MATHOLI’UL HUDA BAKALAN KRAPYAK KUDUS. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
FILE 1 HALAMAN JUDUL DAN PENGESAHAN.pdf Download (916kB) |
|
Text
FILE 2 ABSTRAK.pdf Download (330kB) |
|
Text
FILE 3 DAFTAR ISI.pdf Download (339kB) |
|
Text
FILE 4 BAB 1.pdf Download (485kB) |
|
Text
FILE 5 BAB 2.pdf Download (733kB) |
|
Text
FILE 6 BAB 3.pdf Download (426kB) |
|
Text
FILE 7 BAB 4.pdf Download (618kB) |
|
Text
FILE 8 BAB 5.pdf Download (387kB) |
|
Text
FILE 9 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (316kB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah penggunaan Bahasa Jawa di sekolah mengalami kemunduran. Adanya kemrosotan moral dan karakter siswa dalam dunia pendidikan akibat lingkungan serta media massa yang menayangkan hal negatif. Upaya yang bisa dilakukan adalah perbaikan kualitas siswa melalui pendidikan karakter. Bahasa Jawa merupakan salah satu pelajaran yang memuat pendidikan karakter di dalamnya. Karena itulah pembelajaran bahasa Jawa harus tetap di ajarkan kepada siswa-siswi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan pendididkan karakter, nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam pembelajaran Bahasa Jawa, serta factor pendukung dan penghambat proses pelaksanaa pendidikan karakter dalam pembelajaran Bahasa Jawa pada siswa-siswi di MTs NU Matholi’ul Huda Bakalan Krapyak Kudus. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (file research) dengan deskriptif kualitatif yang berlokasi di MTs NU Matholi’ul Huda Bakalan Krapyak Kudus. Dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentsai yang diperoleh dari informan (kepala madrasah, guru mata pelajaran Bahasa Jawa, peserta didik, wali murid serta masyarakat disekitar lingkungan madrasah). Hasil penelitian yang didapat menunjukkan bahwa proses pelaksaan pendidikan karakter dalam pembelajaran Bahasa Jawa di MTs NU Matholi’ul Huda Bakalan Krapyak Kudus yaitu guru sudah melaksanakan pendidikan karakter tersebut melalui tahapan perencanaan, proses, hingga evaluasi pembelajaran. Nilai-nilai pendidikan karakter dalam Bahasa Jawa antara lain; jujur, toleran, disiplin, kreatif, saling menghargai, religius, sembada, sabar, andhapn asor (rendah hati), suka (gembira), karep (mempunyai keinginan), dalan padhang (selalu mencari jalan), tan jiguh (tidak ragu-ragu), tan ngutuh (tahu malu), tan kumed (tidak pelit) dan berbahasa krama, sopan santun atau unggah ungguh. Dalam pelaksanaan pembelajaran karakter terdapat factor-faktor yang mendukung dan juga menghambat pembentukan karatkter, factor pendukungnya antara lain faktor guru, sarana prasarana madrsah keluarga dan budaya madrasah menerapkan 3S (sapa, salam, senyum). Faktor penghambat dalam proses pembentukan karakter antara lain: faktor internal siswa sendiri yang kurang minat dan rasa malas terhadap pembelajaran Bahasa Jawa, serta karakter anak yang berbeda-beda karna terdapat beberapa murid yang berasal dari luar pulau Jawa, dan alokasi waktu yang hanya satu jam pelajaran dan waktu pembelajaran yang dilaksanakan pada siang hari sehingga membuat siswa bosan dan mengantuk.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemebelajaran Bahasa Jawa; Pendidikan Karakter |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 30 Apr 2019 06:37 |
Last Modified: | 30 Apr 2019 06:37 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2468 |
Actions (login required)
View Item |