EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA KREASI KARTU POP UP DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (STUDI EKSPERIMEN PADA KELAS X DI MA NU MIFTAHUL ULUM LORAM KULON KUDUS TAHUN PELAJARAN 2016/2017)

SOFIYYAH, SOFIYYAH (2017) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA KREASI KARTU POP UP DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (STUDI EKSPERIMEN PADA KELAS X DI MA NU MIFTAHUL ULUM LORAM KULON KUDUS TAHUN PELAJARAN 2016/2017). Undergraduate thesis, STAIN KUDUS.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui keefektifan pembelajaran sebelum menggunakan media kreasi kartu Pop Up pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MA NU Miftahul Ulum Loram Kulon Jati Kudus. (2) Untuk mengetahui keefektifan pembelajaran setelah menggunakan media kreasi kartu Pop Up pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MA NU Miftahul Ulum Loram Kulon Jati Kudus. (3) Untuk mengetahui perbedaan efektivitas pembelajaran sebelum dan setelah menggunakan media kreasi kartu Pop Up pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MA NU Miftahul Ulum Loram Kulon Jati Kudus. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen yang didukung dengan metode lainnya, seperti tes, observasi dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel merujuk pada pendapat Sugiyono, peneliti menggunakan sampel populasi, dengan mengambil sampel dari seluruh peserta didik di kelas X.1 yang berjumlah 22 orang. Teknik analisis data menggunakan t-test. Adapun lokasi penelitian di MA NU Miftahul Ulum Loram Kulon Jati Kudus. Adapun hasil penelitian ini adalah: (1) Hasil nilai pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam sebelum penggunaan media pembelajaran kreatif Pop Up Card menunjukkan nilai 58.4 yang tergolong cukup, karena termasuk dalam interval (40-60). (2) Hasil nilai pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam setelah penggunaan media pembelajaran kreatif Pop Up Card menunjukkan nilai 68.4 yang tergolong cukup, karena termasuk dalam interval (60-80). (3) Dari hasil uji hipotesis yang berbunyi “Ada perbedaan yang signifikan mengenai efektivitas pembelajaran sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran kreatif berbentuk Pop Up Card pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Aliyah NU Miftahul Ulum Loram Kulon Jati Kudus tahun pelajaran 2016/2017” dapat diterima kebenarannya. Hal ini dapat dilihat dari nilai t-test adalah 2,85. Setelah ditunjukkan ke t-tabel dengan taraf signifikansi untuk kedua belah pihak adalah 2,021, maka (2,85 > 2,021). Dengan demikian thitung lebih besar dari ttabel, maka hipotesis yang penulis ajukan dapat diterima kebenarannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran; Kartu Pop Up; Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 02 May 2019 06:53
Last Modified: 02 May 2019 06:53
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2488

Actions (login required)

View Item View Item