KHOIRIYAH, MUHIMMATUL (2018) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MUATAN LOKAL KITAB ADAB AL-ALIM WA AL-MUTA'ALLIM DALAM MENINGKATKAN NILAI-NILAI AKHLAK SISWA DI MA ABADIYAH KURYOKALANGAN GABUS PATI TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01. COVER.pdf Download (3MB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (332kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (411kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (587kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (768kB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (464kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (827kB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (408kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (345kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pelaksanaan Pembelajaran Muatan Lokal Kitab Adab Al-Alim Wa Al-Muta'allim dalam Meningkatkan Nilai-Nilai Akhlak Siswa di MA Abadiyah Kuryokalangan Gabus Pati Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan studi lapangan (field research) dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, pengumpulan data diperoleh melalui observasi non partisipasif , wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Selanjutnya peneliti melakukan uji keabsahan data dengan model uji kredibilitas meningkatkan ketekunan dalam penelitian, uji transferability, dan triangulasi. Selanjutnya untuk analisis data, melalui reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, guru Muatan Lokal Akhlak, Waka Kurikulum serta siswa MA Abadiyah Kuryokalangan Gabus Pati. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pembelajaran Muatan Lokal Kitab Adab Al-Alim Wa Al-Muta'allim Dalam Meningkatkan Nilai-Nilai Akhlak Siswa Di MA Abadiyah Kuryokalangan Gabus Pati Tahun Pelajaran 2018/2019 dengan cara Proses pembelajaran muatan lokal mata pelajaran kitab Adab al-Alim wa al-Muta’allim di MA Abadiyah berlangsung di dalam kelas dengan menggunakan metode bandongan yang beralokasi waktu pada hari Sabtu dan Ahad dengan 1 kali pertemuan (45 menit). Meskipun pengajarannya masih menggunakan cara klasik namun tidak lantas menjadikan proses belajar mengajar menjadi gagal. Kenyataannya para siswa mudah memahami maksud dari setiap materi pelajaran yang telah dimaknai secara gandul dan kemudian diterjemahkan ulang ke bahasa Indonesia, kemudian memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang belum dipahami. Penerapan model pembelajaran bandongan pada mata pelajaran akhlak bisa melatih keterampilan berpikir kritis siswa. pembelajaran kitab Adab al-Alim wa al-Muta’allim sangatlah positif dilihat dari sangat minimnya bahkan tidak ada sumber yang menyatakan bahwa pembelajaran kitab Adab al-Alim wa al-Muta’allim sangat sulit atau tidak mudah difahami. Didukung dengan pengajar yang mumpuni, berpengalaman luas dan supel, sehingga menjadikan kegiatan belajar mengajar menjadi menyenangkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran; Muatan Lokal; Kitab Adab Al-Alim Wa Al-Muta'allim ; Akhlak |
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 03 May 2019 06:40 |
Last Modified: | 03 May 2019 06:40 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2492 |
Actions (login required)
View Item |