Strategi Guru Mengatasi Kesulitan Belajar al Qur’an Hadits Bagi Siswa Kelas VII MTs Swasta di Kecamatan Batangan Kabupaten Pati

Lastari, Lastari (2017) Strategi Guru Mengatasi Kesulitan Belajar al Qur’an Hadits Bagi Siswa Kelas VII MTs Swasta di Kecamatan Batangan Kabupaten Pati. Masters thesis, STAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (7MB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (9MB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (999kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keadaan siswa kelas VII MTs swasta di Kecamatan Batangan Kabupaten Pati yang sangat bervariasi kemampuannya dalam baca tulis al Qur’an. Hal ini disebabkan karena pendaftaran siswa baru tanpa seleksi, sehingga seluruh pendaftar dari Sekolah Dasar (SD) maupun Madrasah Ibtidaiyah (MI) diterima sebagai peserta didik baru, baik yang sudah dapat baca tulis al Qur’an ataupun yang belum dapat baca tulis al Qur’an. Keadaan ini tentunya menimbulkan kesulitan tersendiri bagi guru maupun siswa dalam pembelajaran al Qur’an hadits. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru mengatasi kesulitan belajar al Qur’an hadits bagi siswa kelas VII MTs. Swasta di Kecamatan Batangan Kabupaten Pati. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan metode penelitian kualitatif. Rumusan masalah; (1) Apa jenis kesulitan belajar al Qur’an hadits bagi siswa kelas VII MTs. swasta di Kecamatan Batangan Kabupaten Pati (2) Apa saja faktor penyebab kesulitan belajar al Qur’an hadits bagi siswa kelas VII MTs swasta di Kecamatan Batangan Kabupaten Pati (3) Bagaimana strategi guru mengatasi kesulitan belajar al Qur’an hadits bagi siswa kelas VII MTs. swasta di Kecamatan Batangan Kabupaten Pati. Lokasi penelitian di MTs swasta Kecamatan Batangan Kabupaten Pati. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Jenis kesulitan belajar al Qur’an hadits bagi siswa kelas VII MTs swasta di Kecamatan Batangan Kabupaten Pati yaitu: Kesulitan membaca, menulis, mengartikan ayat, menghafal dan mengaplikasikan ayat maupun hadits dalam kehidupan sehari-hari (2) faktor-faktor penyebab kesulitan belajar al Qur’an hadits bagi siswa kelas VII MTs swasta di Kecamatan Batangan Kabupaten Pati dikelompokkan menjadi dua, yaitu; faktor dari diri siswa (intern) dan faktor dari luar diri siswa (ekstern) (3) Strategi guru mengatasi kesulitan belajar al Qur’an hadits bagi siswa kelas VII MTs swasta di Kecamatan Batangan Kabupaten Pati merupakan upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar al Qur’an hadits dengan meningkatkan profesionalisme guru, menerapkan strategi, metode dan media pembelajaran yang tepat, pembiasaan tadarus al Qur’an, melengkapi sarana prasarana, mendorong siswa untuk mengikuti madrasah diniyah dan TPQ pada sore hari, dan menjalin komunikasi dengan wali murid dan masyarakat untuk peningkatan pendidikan siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Guru; Kesulitan belajar al Qur’an hadits
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 06 May 2019 02:43
Last Modified: 06 May 2019 02:43
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2502

Actions (login required)

View Item View Item