Muslimah, Muslimah (2018) EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DAN COOPERATIVE SCRIBTS TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS V MI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI DESA PURWOREJO KECAMATAN BONANG KABUPATEN DEMAK TAHUN AJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (3MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (142kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (858kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (405kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (468kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (663kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (657kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (230kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (223kB) |
Abstract
Adanya pendidikan dalam diri seseorang akan mempengaruhi dalam bersikap dan berinteraksi dengan individu lain. Terutama pada faktor psikologinya. Sehingga dalam dunia pendidikan perlu adanya penekanan pada faktor psikologi terutama pada tingkat dasar. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab rumusan masalah yaitu: Apakah terdapat perbedaan yang signifikan penggunaan model pembelajaran Role Playing dan Cooperative Scribts terhadap kecerdasan emosional dalam pembelajaran bahasa Indonesia di Desa Purworejo Kecamatan Bonang Kabupaten Demak Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research). Adapun pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah Independent T Test, Sedangkan sumber data utama yang digunakan adalah hasil dari kuesioner yang dikerjakan oleh responden, yang kemudian ditambah oleh sumber data sekunder berupa dokumentasi yang berkaitan dengan penelitian ini. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Uji validitas yang digunakan adalah validity construct , uji reliabilitas yang digunakan adalah uji statistik Cronbach Alpha dengan nilai sig (p value ) sebesar 0,805 Dan pada tahap analisis data dengan melakukan pengumpulan data, skorsing. Teknik analisis data yang digunakan adalah Independent T Test. . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan nilai sig ( p value) sebesar 0,181 pada kelompok pertama dan 0,354 pada kelompok kedua, hasil tersebut menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan penggunaan model pembelajaran Role Playing dan Cooperative Scribts terhadap Kecerdasan emosional siswa kelas V MI di kelurahan Purworejo kecamatan Bonang kabupaten Demak tahun ajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kecerdasan Emosional; Model Role Playing; Model Cooperative Scribts |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 08 May 2019 03:30 |
Last Modified: | 08 May 2019 03:30 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2531 |
Actions (login required)
View Item |