PELAKSANAAN EVALUASI SUPERVISI PEMBELAJARAN MELALUI METODE UMPAN BALIK 360 DERAJAD (STUDI KASUS DI MTS KHOIRIYAH GUWO TLOGOWUNGU PATI TAHUN PELAJARAN 2016/2017)

HIDAYAH, RIFATUL (2017) PELAKSANAAN EVALUASI SUPERVISI PEMBELAJARAN MELALUI METODE UMPAN BALIK 360 DERAJAD (STUDI KASUS DI MTS KHOIRIYAH GUWO TLOGOWUNGU PATI TAHUN PELAJARAN 2016/2017). Undergraduate thesis, STAIN KUDUS.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB)

Abstract

Metode yang digunakan dalam penelitian tersebut adalah menggunakan pendekatan deskripsi kualitatif yang bersifat field research. Studi kasus di MTs Khoiriyah Guwo Tlogowungu Pati Tahun Pelajaran 2016/2017. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman dari pembimbing sendiri yang berkaitan dengan proses, hasil dan faktor yang mempengaruhi. Sumber data didapat dari data primer dan sekunder, yang mana data primer diantaranya kepala sekolah, guru, staf dan siswa sedangkan dari data sekunder berupa dokumentasi diantaranya RPP, silabus, instrumen supervisi kepala sekolah, dan absensi guru. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi tak berstruktur, wawancara tak berstruktur dan dokumentasi. Uji keabsahan data dengan meningkatkan ketekunan, perpanjangan pengamatan, triangulasi,uji kebergantungan, uji kepastian. Dan pada tahap analisis data dengan melakukan reduksi data, penyajian data, dan verivikasi. Hasil analisis data penelitian tentang evaluasi supervisi pembelajaran yang dilakukan oleh kepala sekolah kepada guru- guru dapat mengetahui seberapa besar kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh guru. Supervisi yang dilakukan kepala sekolah di Mts Khoiriyah Guwo Tlogowungu Pati sudah berjalan dengan baik. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya program supervisi kepala sekolah yang sudah terealisasi. Ditambah pemakaian teknik dan metode untuk pelaksanaan evaluasi supervisi sangat tepat dan demokratis. Dari kepala sekolah sendiri dalam melakukan supervisi menjadikan guru yang disupervisi merasa terbuka satu sama lain, saling mengingatkan, memotivasi dan tercipta hubungan harmonis di antara guru-guru. Hal ini diikuti pula dengan tindak lanjut dari kegiatan supervisi berupa bimbingan, pemberian solusi dan membawa pada rapat dewan guru untuk mengatasi masalah-masalah yang tidak dapat diselesaikan, sehingga peningkatan kerja yang diharapkan dari guru-guru dapat tercapai. Melalui supervisi diharapkan para guru dapat meningkatkan kinerjanya dan mengembangkan profesi guru terus dapat dilakukan secara berkala. Pengertian dari evaluasi adalah suatu proses memberikan informasi yang berarti dan berguna sebagai alternatif keputusan. Sedangkan supervisi memberikan penegasan, sebagai suatu kegiatan bantuan pembinaan kearah perbaikan, sehingga akan meningkatkan kualitas proses pembelajaran. Hubungan antara evaluasi dengan supervisi adalah bahwa hasil dari kegiatan evalusi dihasilkan informasi. Kepala sekolah yang mana sebagai pemimpin lembaga di suatu sekolah memiliki peran yang cukup besar dalam membina kemampuan guru dalam proses pembelajaran. Untuk membuat guru menjadi porofesional tidak semata-mata hanya meningkatkan kompetensinya baik melalui pemberian penataran, pelatihan maupun memperoleh kesempatan untuk belajar lagi namun perlu juga memperhatikan guru dari segi yang lain seperti peningkatan disiplin, pemberian motivasi, pemberian bimbingan melalui supervisi. Jadi evaluasi supervisi pembelajaran adalah suatu kesatuan yang saling berkaitan. Dengan menggunakan metode umpan baluk 360 derajad, individu guru dapat menyesuaikan perilaku dan mengembangkan ketrampilan yang akan memungkinkan untuk unggul dalam kinerjanya karena dengan metode umpan balik 360 derajad lebih efektif, jelas dan detail untuk mendapatkan informasi dalam melakukan evaluasi supervisi terhadap kinerja guru. Karna untuk mendapatkan output yang berkualitas, harus disiapkan tenaga kependidikan yang berkompeten dan profesional dan untuk itu dibutuhkan evaluasi supervisi penbelaaran dari kepala sekolah yang tepat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi; Supervisi Pembelajaran; Metode Umpan Balik 360 Derajad
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 27 May 2019 01:57
Last Modified: 27 May 2019 01:57
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2628

Actions (login required)

View Item View Item