FAIZIN, MOH NUR (2018) KONSEP ETIKA PESERTA DIDIK DALAM PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF IMAM SYAMSUDDIN MUHAMMAD BIN AHMAD BIN UTSMAN AD-DHAHABI DALAM KITAB TOLAB AL-ILMI (FAWAIDHU WA NASHOIHU WA HIKAMU). Undergraduate thesis, STAIN KUDUS.
Text
FILE 1 COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
FILE 2 ABSTRAK.pdf Download (2MB) |
|
Text
FILE 3 DAFTAR ISI.pdf Download (2MB) |
|
Text
FILE 4 BAB I.pdf Download (2MB) |
|
Text
FILE 5 BAB II.pdf Download (2MB) |
|
Text
FILE 6 BAB III.pdf Download (2MB) |
|
Text
FILE 7 BAB IV.pdf Download (2MB) |
|
Text
FILE 8 BAB V.pdf Download (2MB) |
|
Text
FILE 9 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) |
Abstract
Imam Syamsuddin Muhammad bin Ahmad bin Utsman Ad-dhahabi menghendaki keluhuran ruhani, keutamaan jiwa, kemuliaan akhlak dan kepribadian yang kuat, merupakan tujuan utama dari pendidikan bagi kalangan manusia muslim, karena akhlak adalah aspek fundamental dalam kehidupan seseorang, masyarakat maupun suatu negara. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui konsep etika peserta didik dalam pendidikan Islam perspektif Imam Syamsuddin Muhammad bin Ahmad bin Utsman Ad-dhahabidalam kitab tolab al-ilmi (fawaidhu wa nashoihu wa hikamu), 2) Untuk mengetahui relevansinya etika peserta didik dalam pendidikan Islam perspektif Imam Syamsuddin Muhammad bin Ahmad bin Utsman Ad-dhahabi dalam proses pembelajaran modern. Sesuai dengan karakteristik masalah yang diangkat dalam skripsi ini maka dalam penulisannya, penulis menggunakan Metode Riset kualitatif, yaitu menekankan analisanya pada data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Pendekatan kualitatif penulis gunakan untuk menganalisis pemikiran Imam Syamsuddin Muhammad bin Ahmad bin Utsman tentang konsep etika belajar siswa. Maka dengan sendirinya penganalisaan data ini lebih difokuskan pada Penelitian Kepustakaan (Library Research), yakni dengan membaca, menelaah dan mengkaji buku-buku dan sumber tulisan yang erat kaitannya dengan masalah yang dibahas. Hasil penelitian yang penulis temukan terkait dengan konsep etika belajar menurut Imam Syamsuddin Muhammad bin Ahmad bin Utsman mempunyai empat konsep etika belajar siswa, yaitu Etika dan moral harus ditegakkan bertujuan agar tidak ada yang dilecehkan dan dirugikan, maksud utama pendidikan dalam Islam adalah nilai keikhlasan dan penegakan moral, tanpa keikhlasan siswa tidak akan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Agar tercipta keseimbangan, dalam Kitab Tolabu Al-ilmi (Fawaidhu Wa Nashoihu Wa Hikamu) guru diharuskan mengerti tuntutan siswa, seperti : niat tulus dalam mencari ilmu, berjiwa pengasih dan penyayang, aktif mencari nasihat, zuhud, sabar, menjaga diri dari hukum Allah, menjadi suri tauladan, dapat beradaptasi dengan siswa, dan lain sebagainya. Sikap ini tidak hanya diterapkan disekolah tapi diluar sekolah guru dan siswa harus mengaplikasikan secara maksimal, sehingga etika dan moral berjalan tanpa mengenal situasi dan kondisi, berikutnya terjalin hubungan jiwa yang selaras dan saling menghargai.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konsep Etika; Peserta Didik dan Pendidikan Islam |
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 17 Jun 2019 01:50 |
Last Modified: | 17 Jun 2019 01:50 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2644 |
Actions (login required)
View Item |