PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA TERHADAP PENINGKATAN KOMPETENSI PSIKOMOTORIK IBADAH PESERTA DIDIK KELAS XI IPS PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 01 NALUMSARI JEPARA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Wahyuni, Sri (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA TERHADAP PENINGKATAN KOMPETENSI PSIKOMOTORIK IBADAH PESERTA DIDIK KELAS XI IPS PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 01 NALUMSARI JEPARA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text (ImageMagick conversion from other to application/pdf)
FILE 1 COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 2 ABSTRAK.pdf

Download (312kB)
[img] Text
FILE 3 DAFTAR ISI.pdf

Download (321kB)
[img] Text
FILE 4 BAB I.pdf

Download (424kB)
[img] Text
FILE 5 BAB II.pdf

Download (480kB)
[img] Text
FILE 6 BAB III.pdf

Download (408kB)
[img] Text
FILE 7 BAB IV.pdf

Download (625kB)
[img] Text
FILE 8 BAB V.pdf

Download (338kB)
[img] Text
FILE 9 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (319kB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah kompetensi peserta didik pada kegiatan praktik ibadah di taraf SMA belum maksimal. Untuk meningkatkan kompetensi psikomotorik ibadah peserta didik, guru PAI menerapkan pembelajaran menggunakan multimedia. Oleh karena itu, perlu diadakan penelitian tentang pengaruh penggunaan multimedia terhadap peningkatan kompetensi psikomotorik ibadah peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui penggunaan multimedia pada mata pelajaran PAI di SMAN 1 Nalumsari Jepara Tahun Pelajaran 2017/2018. (2) Untuk mengetahui kompetensi psikomotorik ibadah peserta didik kelas XI IPS pada mata pelajaran PAI di SMAN 1 Nalumsari Jepara Tahun Pelajaran 2017/2018. (3)Untuk mengetahui pengaruh penggunaan multimedia terhadap peningkatan kompetensi psikomotorik ibadah peserta didik kelas XI IPS pada mata pelajaran PAI di SMAN 1 Nalumsari Jepara Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research),peneliti terjun langsung ke SMAN 1 Nalumsari untuk melakukan penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini ialah 108 peserta didik kelas XI IPS dari 150 jumlah peserta didik. Peneliti menggunakan teknik proportionate stratified random sampling , (penentuan sampel secara acak dan proporsional). Uji analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik yaitu mengadakan perhitungan nilai angka dengan menggunakan rumus korelasi product moment dan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) penggunaan Multimedia memiliki nilai rata-rata sebesar 90, termasuk kategori baik. Hal ini terbukti berada dalam interval (89–96). 2) kompetensi psikomotorik ibadah peserta didik pada mata pelajaran PAI memiliki nilai rata-rata 85, termasuk kategori baik. Hal ini terbukti berada dalam interval (84–86). 3) terdapat pengaruh positif antara penggunaan multimedia terhadap kompetensi psikomotorik ibadah peserta didik kelas XI IPS pada mata pelajaran PAI di SMAN 1 Nalumsari Jepara Tahun Pelajaran 2017/2018, hal ini berdasarkan pada persamaan regresi yang diperoleh 39,105+ 0,514X, maka dapat dilihat dari nilai sebesar 0,711. Kemudian dapat diperoleh nilai F hitung sebesar 108,282 dengan harga F tabel dengan taraf 5% = 3,90. Maka F hitung lebih besar dari pada F tabel (108,282> 3,90) sehingga menghasilkan koefisien determinasi (R) sebesar 50,5 %. Hal ini berarti pengaruh antara Penggunaan Multimedia Terhadap Kompetensi Psikomotorik Ibadah Peserta Didik Kelas XI IPS pada mata pelajaran PAI di SMAN 1 Nalumsari Jepara Tahun Pelajaran 2017/2018 sebesar 50,5%. Sedangkan sisanya 100% - 50,5% = 49,5% yang merupakan variabel lain yang belum diteliti oleh peneliti.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Multimedia, Kompetensi Psikomotorik Ibadah Peserta Didik
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 19 May 2020 15:37
Last Modified: 19 May 2020 15:37
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2831

Actions (login required)

View Item View Item