IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN EXTRAKURIKULER BACA TULIS AL QUR'AN PADA PESERTA DIDIK KELAS VII DI MTS MADARIJUL HUDA KEMBANG DUKUHSETI TAHUN AJARAN 2018/2019

Nuha, Muhammad Alfun (2019) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN EXTRAKURIKULER BACA TULIS AL QUR'AN PADA PESERTA DIDIK KELAS VII DI MTS MADARIJUL HUDA KEMBANG DUKUHSETI TAHUN AJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER_to.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK_to.pdf

Download (251kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI_to.pdf

Download (272kB)
[img] Text
4. BAB I_to.pdf

Download (556kB)
[img] Text
5. BAB II_to.pdf

Download (476kB)
[img] Text
6. BAB III_to.pdf

Download (302kB)
[img] Text
7. BAB IV_to.pdf

Download (576kB)
[img] Text
8. BAB V_to.pdf

Download (321kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA_to.pdf

Download (392kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah pertama Untuk mengetahui bagaimana Implementasi pembelajaran extrakurikuler baca tulis Al Qur’an pada peserta didik kelas VII di MTs Madarijul Huda Kembang. Kedua, Untuk mengetahui bagaimana dampak perkembangan kemampuan peserta didik dalam kegiatan extrakurikuler baca tulis Al Qur’an. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang dilakukan di tempat terjadinya gejala-gejala atau penelitian dengan peneliti terjun langsung ke lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan : 1) Observasi dalam penelitian ini melihat secara langsung proses pembelajaran extrakurikuler baca tulis Al Qur’an dengan menggunakan materi seperti buku pedoman BTA pada siswa kelas VII di MTs Madarijul Huda Kembang, 2) Wawancara dilakukan terhadap Ketua yayasan, Kepala sekolah, Guru extrakurikuler BTA, wali kelas, wali murid serta sebagian besar peserta didik kelas VII MTs. Madarijul Huda Kembang, 3) Dokumentasi mengumpulkan hasil penilaian exstrakurikuler BTA, foto kegiatan, jadwal extrakurikuler BTA dan daftar nama-nama guru. Sumber data penelitiannya adalah sumber data primer diperoleh data ini melalui observasi yang bersifat langsung dan wawancara langsung pada subyek yang bersangkutan, dan data sekunder diperoleh melihat proses pembelajaran extrakurikuler baca tulis Al Qur’an ataupun data sekunder lain juga diambil seperti buku-buku pedoman baca tulis Al Qur’an dan hal lain yang berhubungan dengan obyek pembahasan. Hasil penelitian sebagai berikut : 1) Implementasi Pembelajaran extrakurikuler baca tulis Al Qur’an di MTs Madarijul Huda Kembang diadakan supaya peserta didik bisa lebih mengenal dan paham tentang membaca dan menulis Al Qur’an karena di dalam pembelajaran saat ini tidak lepas dari ilmu agama yang mengharuskan memahami membaca dan menulis Al Qur’an dengan baik dan benar. 2) Dampak perkembangan kemampuan peserta didik dalam kegiatan extrakurikuler BTA ini bisa menjadikan peserta didik lebih paham dan lebih mahir dalam membaca dan menulis Al Qur’an, serta dampaknya peserta didik bisa mengikuti apa yang ada di dalam pembelajaran agama yang berhubungan dengan baca tulis Al Qur’an.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Ekstrakurikuler BTA, kemampuan membaca dan menulis peserta didik, dampak kegiatan ekstrakurikuler BTA
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 19 Jun 2020 04:19
Last Modified: 19 Jun 2020 04:19
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2979

Actions (login required)

View Item View Item