STUDI ANALISIS KOMPETENSI SOSIAL GURU PAI DI MTS MIFTAHUL FALAH JEPAT LOR TAYU PATI TAHUN PELAJARAN 2015/2016

WARDANI, INDAH TRI KUSUMA (2016) STUDI ANALISIS KOMPETENSI SOSIAL GURU PAI DI MTS MIFTAHUL FALAH JEPAT LOR TAYU PATI TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, Stain Kudus.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4. Bab 1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5. Bab 2.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. Bab 3.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. Bab 4.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. Bab 5.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui kompetensi sosial guru PAI di MTs Miftahul Falah Jepat Lor Tayu Pati 2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat kompetensi sosial guru PAI di MTs Miftahul falah Jepat Lor Tayu Pati. Adapun jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Karya ini membahas tentang 1) kompetensi sosial guru PAI di MTs Miftahul Falah Jepat Lor Tayu Pati Tahun Pelajaran 2015/2016 yang terdiri dari tiga aspek yaitu dapat berinteraksi antara guru pendidikan agama Islam dengan murid dan orang tua murid, pandai bergaul dengan kawan sekerja dan mitra pendidikan, dan memahami dunia sekitarnya (lingkungan). Dengan demikian kompetensi sosial guru PAI di MTs Miftahul Falah Jepat Lor Tayu Pati merupakan sosok motivator bagi murid-muridnya yang tidak pernah lelah menyuruh mereka untuk selalu giat belajar, dimanapun dan dengan siapapun. Hal ini terbukti dengan kesanggupan menjadi tokoh masyarakat dan tokoh agama seperti menjadi pengurus RT, pengurus desa dan pengisi pengajian. 2) Faktor-faktor yang mempengaruhi kompetensi sosial guru PAI di MTs Miftahul Falah Jepat Lor Tayu Pati dapat dikategorikan menjadi dua yaitu faktor yang mendukung dan yang menghambat. Adapun faktor pendukung diantaranya yaitu terjalinnya interakasi yang baik dari pihak madrasah dan masyarakat sekitar madrasah, kepercayaan kepala madrasah untuk membina ekstrakurikuler pengembangan diri sebagai pembina pramuka, dan kepercayaan masyarakat sebagai tokoh agama dan tokoh masyarakat Disamping itu terdapat faktor yang menghambat kompetensi sosial guru PAI di MTs Miftahul Falah Jepat Lor Tayu Pati diantaranya adalah keadaan murid yang berbeda, kurangnya komunikasi dan kurangnya kebersamaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kompetensi sosial; guru PAI
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 04 Feb 2017 02:52
Last Modified: 04 Feb 2017 02:52
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/307

Actions (login required)

View Item View Item