Pengaruh Experiential Marketing terhadap Kepuasan Pelanggan dalam Prespektif Islam (Studi Kasus pada JR Mart Minimarket Jakenan).

Junaidi, Paramita Ida (2019) Pengaruh Experiential Marketing terhadap Kepuasan Pelanggan dalam Prespektif Islam (Studi Kasus pada JR Mart Minimarket Jakenan). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER_to.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK_to.pdf

Download (186kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI_to.pdf

Download (283kB)
[img] Text
04. BAB I_to.pdf

Download (599kB)
[img] Text
05. BAB II_to.pdf

Download (733kB)
[img] Text
06. BAB III_to.pdf

Download (607kB)
[img] Text
07. BAB IV_to.pdf

Download (802kB)
[img] Text
08. BAB V_to.pdf

Download (192kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA_to.pdf

Download (727B)

Abstract

Berkembangnya suatu konsep budaya belanja baik dikalangan menengah maupun kalangan atas ini semakin memperkuat berkembangnya industri ritel di Indonesia termasuk Minimarket. Dengan banyaknya pesaing di industri ini perusahaan harus memiliki strategi yang tepat sesuai kondisi perusahaan dan iklim bisnis yang dihadapi untuk dapat memuaskan pelanggan. Salah satu implementasi strategi yang dapat digunakan yaitu experiential marketing. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh tiap-tiap variabel pada experiential marketing. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian studi lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan instrumen penelitian berupa observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Objek penelitian ini adalah Toko Ritel JR Mart minimarket di Jakenan. Jumlah sampel sebanyak 96 orang dengan menggunakan teknik insidental sampling. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, koefisien determinasi (R²), uji t, uji F, dan uji hipotesis dengan menggunakan program SPSS versi 17.0. Hasil dari penelitian ini diketahui, nilai persamaan regresinya yaitu Y= 2,375 + 0,119 X1 + 0,088 X2 + 0,079 X3 + 0,079 X4 + 0,209 X5. Nilai thitung X1 (4,491), X2 (2,960), X3 (3,241), X4 (2,873), dan X5 (4,380) > ttabel, artinya kelima variabel X secara parsial mempunyai pengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Nilai Fhitung sebesar 41,235 > Ftabel, artinya variabel sense, feel, think, act, dan relate secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Dari hasil penelitian ini juga diperoleh nilai R square sebesar 0,696. Hal ini berarti bahwa 69,6% variabel kepuasan pelanggan dapat dijelaskan oleh variansi dari variabel independen sense, feel, think, act, dan relate, sedangkan sisanya yaitu 30,4% diterangkan oleh variabel lain yang tidak diajukan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Sense, Feel, Think, Act, Relate, Kepuasan Pelanggan.
Subjects: Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi > Manajemen Pemasaran
Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi > Manajemen Pemasaran
Divisions: Fakultas Syariah > Ekonomi Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 21 Jul 2020 02:39
Last Modified: 21 Jul 2020 02:39
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3095

Actions (login required)

View Item View Item