Pengaruh Intensitas Membaca dan Menghayati Ayat Al Qur’an terhadap Peningkatan Kecerdasan Emosional Siswa di Madrasah Tsanawiyah NU Assalam Tanjungkarang Jati Kudus Tahun 2019

Rohmana, Anita (2019) Pengaruh Intensitas Membaca dan Menghayati Ayat Al Qur’an terhadap Peningkatan Kecerdasan Emosional Siswa di Madrasah Tsanawiyah NU Assalam Tanjungkarang Jati Kudus Tahun 2019. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1 cover-kata pengantar_to.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2 ABSTRAK_to.pdf

Download (332kB)
[img] Text
3 daftrar isi_to.pdf

Download (762kB)
[img] Text
4 BAB I Anita_to.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5 BAB II Anita_to.pdf

Download (3MB)
[img] Text
6 BAB III Anita_to.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7 BAB IV Anita_to.pdf

Download (3MB)
[img] Text
8 BAB V Anita_to.pdf

Download (310kB)
[img] Text
9 DAFTAR PUSTAKA Anita_to.pdf

Download (496kB)

Abstract

Penelitian ini menjelaskan tentang intensitas membaca dan menghayati ayat Al Qur’an terhadap peningkatan kecerdasan emosional siswa yaitu kegiatan membaca dan mengahayati ayat Al Qur’an yang dilakukan setiap siang hari setelah jama’ah sholat dhuhur secara terus menerus agar menjadi kebiasaan bagi siswa. Dilaksanakannya kegiatan ini menjadikan siswa memahami emosi dirinya sendiri secara berulang-ulang akan memberi peningkatan kecerdasan emosional siswa sehingga siap mempertanggung jawabkan setiap perilakunya seperti disiplin jam berangkat, sopan terhadap guru, dan lainnya. Penelitian ini bertujuan (a) untuk mengetahui tingkat intensitas membaca Al-Qur’an berpengaruh terhadap peningkatan kecerdasan emosional siswa Madrasah Tsanawiyah NU Assalam Tanjungkarang Jati Kudus (b) untuk mengetahui tingkat menghayati ayat Al-Qur’an berpengaruh terhadap peningkatan kecerdasan emosional siswa Madrasah Tsanawiyah NU Assalam Tanjungkarang Jati Kudus. Jenis penelitian field research. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Tsanawiyah NU Assalam Tanjungkarang Jati Kudus yakni pada kelas IX. Peneliti menggunakan teknik simple random sampling. Data yang dianalisis menggunakan statistik probabilitas. Metode analisis regresi ganda dengan bantuan program olah data SPSSversi 19.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil perhitungan koefisien regresi sebesar 0,203 dengan nilai t hitung sebesar 1,991 dan tingkat signifikansi t sebesar 0,049 < 0,05, maka hipotesa intensitas membaca Al Qur’an (X1) terhadap peningkatan kecerdasan emosional siswa (Y) dapat diterima (2) hasil perhitungan koefisien regresi sebesar 0,493 dengan nilai t hitung sebesar 4,273 dan tingkat signifikansi t sebesar 0,000 < 0,05, maka hipotesa menghayati ayat Al Qur’an (X2) terhadap peningkatan kecerdasan emosional siswa (Y) dapat diterima (3) perhitungan uji simultan (uji F) diperoleh nilai koefisien F sebesar 11,566 pada taraf signifikansi 0,000a, berdasarkan perhitungan tersebut maka hipotesis intensitas membaca (X1) dan menghayati ayat Al Qur’an (X2) terhadap peningkatan kecerdasan emosional siswa (Y) dapat diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Intensitas Membaca Al Qur’an, Menghayati Ayat Al Qur’an, Peningkatan Kecerdasan Emosional
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 18 Aug 2020 06:26
Last Modified: 18 Aug 2020 06:26
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3172

Actions (login required)

View Item View Item