Gunawan, Okta Amalia Arga (2019) Implementasi Outdoor Learning Pada Anak Usia Dini Di RA Karmaini Godoharum Jekulo Kudus Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01 COVER_to.pdf Download (3MB) |
|
Text
02 ABSTRAK_to.pdf Download (71kB) |
|
Text
03 DAFTAR ISI_to.pdf Download (77kB) |
|
Text
04 BAB I_to.pdf Download (101kB) |
|
Text
05 BAB II_to.pdf Download (172kB) |
|
Text
06 BAB III_to.pdf Download (107kB) |
|
Text
07 BAB IV_to.pdf Download (196kB) |
|
Text
08 BAB V_to.pdf Download (76kB) |
|
Text
09 DAFTAR PUSTAKA_to.pdf Download (76kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu pertama, untuk mengetahui implementasi outdoor learning di RA Karmaini Gondoharum Jekulo Kudus.Kedua, untuk mengetahui implikasi outdoor learning pada anak usia dini di RA Karmaini Gondoharum Jekulo Kudus. Ketiga, untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung outdoor learning pada anak usiadini di RA Karmaini Gondoharum Jekulo Kudus pada tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research). Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dipakai peneliti adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Tahap analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi outdoor learning pada anak usiadini di RA Karmaini Gondoharum Jekulo Kudus tahun pelajaran 2018/2019 yaitu: pertama, implementasi ini terdapat 3 (tiga) tahapan dalam proses pembelajarannya yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Tahap perencanaan dimulai dari pembuatan RPPH sebagai pedoman dalam pelaksanaan pembelajaran, rapat antar guru dalam menyiapkan media, dan tempat jalannya pembelajaran. Saat pelaksanaan outdoor learning sendiri ditempatkan pada hari jumat agar tidak mengganggu pembelajaran yang lain, sedangkan tahap evaluasi dimaksudkan untuk mengetahui perkembangan anak. Kedua, implikasi dari outdoor learning ini yaitu meningkatkan rasa ingin tahu anak, akrab dengan lingkungannya, pikiran lebih fresh,semangat dalam belajar,banyak pengetahuan. Ketiga, faktor pendukung outdoor learning yaitu SDM dan pendidikan yang sesuai. Dampak yang menghambat jalannya outdoor learning yaitu sarana dan prasarana yang terbatas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Implikasi, Outdoor Learning. |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 18 Aug 2020 07:01 |
Last Modified: | 18 Aug 2020 07:01 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3178 |
Actions (login required)
View Item |