Efektivitas Konsep Belajar Behavioral dengan Teknik Reinforcement dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Alquran Hadits di MA NU Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus

Setianingrum, Elia Anggi (2019) Efektivitas Konsep Belajar Behavioral dengan Teknik Reinforcement dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Alquran Hadits di MA NU Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (118kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (129kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (343kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (531kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (171kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (459kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (193kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (212kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan konsep belajar behavioral dengan teknik reinforcement pada mata pelajaran Alquran Hadits, gambaran motivasi belajar peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan teknik reinforcement, serta efektivitas konsep belajar behavioral dengan teknik reinforcement dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Alquran hadits di MA NU Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang berlokasi di MA NU Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pemilihan subyek penelitian secara purposive. Subyek penelitian yaitu kepala madrasah, pendidik mata pelajaran Alquran Hadits dan peserta didik kelas X MA NU Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan konsep belajar behavioral dengan teknik reinforcement di MA NU Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus dilaksanakan selama proses pembelajaran Alquran Hadits berlangsung. Penguatan (reinforcement) yang diterapkan yaitu penguatan (reinforcement) positif dan penguatan (reinforcement) negatif dengan jenis verbal maupun nonverbal. Gambaran motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Alquran Hadits di MA NU Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus sebelum diterapkannya penguatan (reinforcement), peserta didik memiliki perilaku belajar dengan gejala-gejala motivasi rendah seperti peserta didik yang acuh saat pembelajaran, kurang fokus dan tidak memperhatikan penjelasan pendidik, ramai sendiri, tidak mengerjakan tugas, bahkan tertidur, sehingga suasana kelas menjadi tidak kondusif. Sedangkan setelah pemberian penguatan (reinforcement) positif maupun negatif peserta didik mengalami peningkatan motivasi belajar seperti perhatian peserta didik meningkat, peserta didik memiliki semangat belajar, motivasi belajar meningkat, rasa percaya diri peserta didik mengalami peningkatan, dan suasana kelas dalam pembelajaran menjadi lebih kondusif. Konsep belajar behavioral dengan teknik reinforcement efektif dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Alquran Hadits di MA NU Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus. Hal tersebut terbukti dengan tercapainya tujuan teknik reinforcement dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Konsep Belajar Behavioral, Reinforcement, Motivasi Belajar
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 25 Aug 2020 02:50
Last Modified: 25 Aug 2020 02:50
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3208

Actions (login required)

View Item View Item