Lestari, Ganggas (2019) Upaya Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Melalui Pendekatan Problem Solving Learning pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VI MI NU Islamiyah Jetiskapuan Kabupaten Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (119kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (130kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (290kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (768kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (266kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (663kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (174kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (257kB) |
Abstract
Penelitian ini adalah field research atau disebut dengan penelitian lapangan, untuk mengetahui jenis kesulitan belajar matematika siswa kelas VI, mengetahui secara mendalam mengenai upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa melalui pendekatan problem solving learning pada mata pelajaran matematika kelas VI, serta mengetahui beberapa faktor pendukung dan faktor penghambat dalam mengatasi kesulitan belajar siswa melalui pendekatan problem solving learning pada mata pelajaran matematika kelas VI MI NU Islamiyah Jetiskapuan Kabupaten Kudus. Penelitian ini menggunakan metode-metode kualitatif yang mana prosedur penelitian ini menggunakan data deskriptif berupa kata-kata tertulis, deskripsi singkat baik lisan maupun tertulis dari subyek dan perilaku yang diamati peneliti. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VI MI NU Islamiyah Jetiskapuan Kabupaten Kudus serta guru mata pelajaran matematika di kelas VI MI NU Islamiyah Jetiskapuan Kabupaten Kudus. Data-data tentang upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar matematika ini dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara semi terstruktur serta dokumentasi. Setelah data penelitian terkumpul serta dianalisis melalui proses data reduction, data display dan conclusion drawing/verification, berhasil memperoleh hasil penelitian , yaitu : 1) jenis kesulitan belajar matematika siswa kelas VI di MI NU Islamiyah Jetiskapuan Kabupaten Kudus dibagi dua, yaitu kesulitan belajar matematika yang bersifat sementara dan bersifat berkelanjutan. 2) Upaya guru mengatasi kesulitan belajar matematika siswa kelas VI yang bersifat sementara dan yang bersifat berkelanjutan melalui pendekatan problem solving learning dilakukan melalui tiga langkah penanganan. Langkah pertama yaitu menyadari ciri-ciri kesulitan belajar matematika siswa kelas VI, Langkah kedua yaitu melakukan upaya penanganan kesulitan belajar matematika siswa Kelas VI berdasarkan jenis kesulitan belajar siswa baik melalui pembimbingan secara individual dan kelompok-kelompok kecil sesuai jenis kesulitan belajar siswa. Langkah ketiga yaitu mengevaluasi upaya penanganan kesulitan belajar siswa yang telah dilakukan di langkah II yang mana hasil evaluasinya yaitu pendekatan ini mampu mengatasi kesulitan belajar matematika secara terfokus. 3) Faktor pendukung dan penghambat dalam mengatasi kesulitan belajar siswa melalui pendekatan problem solving learning pada mata pelajaran matematika kelas VI adalah faktor dari guru matematika, siswa, media pembelajaran, serta lingkungan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kesulitan Belajar, Mata Pelajaran Matematika, Upaya Guru, Pendekatan Problem Solving |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 01 Sep 2020 01:53 |
Last Modified: | 01 Sep 2020 01:53 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3242 |
Actions (login required)
View Item |