Khafidhoh, Ainun (2019) Penerapan Strategi Index Card Match Dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas V MI Roudlotul Muhtadin Ketilengsingolelo Welahan Jepara Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (266kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (278kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (587kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (507kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (313kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (494kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (344kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (348kB) |
Abstract
Latar Belakang Skripsi dalam Penelitian ini adalah Matematika merupakan ilmu yang paling ditakuti dan kurang diminati bagi siswa, dikarenakan kesan negatif yang ditangkapnya. Sehingga sulit diterima dalam memahami ilmu matematika. Bahwa banyak orang yang tidak menyukai matematika. Termasuk yang masih duduk di bangku sekolah dasar /MI. Mereka menganggap matematika adalah pelajaran yang sulit dan menakutkan. Anggapan ini membuat mereka merasa malas untuk belajar matematika. Dalam kenyantannya mata pelajarn matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang kurang diminati oleh sebagian siswa. Mereka menganggap bahwa matematika itu sebagai mata pelajaran yang sulit dan banyak rumus-rumus yang harus dihafalkan. Sehingga pelejaran matematika tidak akan berjalan secara optimal. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian yang dilakukan dalam lapangan atau penilitian lapangan (field research) di MI Roudlotul Muhtadin Ketilengsingolelo Welahan Jepara. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, interview (wawancara) kepada kepala Sekolah, Waka Kurikuum, guru matematika, siswa keas V dan melalui dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan beberapa tahap yaitu collection, reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: strategi index card match adalah salah satu strategi pembelajaran yang menyenangkan dan aktif untuk meninjau ulang materi pembelajaran sebelumnya atau sesudahnya yang pernah diajarkan yang ditandai dengan cara permainan kartu dengan cara mencari pasangan menggunakan potongan kertas yang berisikan pertanyaan serta jawaban. (2) faktor pendukungnya yaitu berasal dari guru sendiri, antusias siswa terhadap pelajaran, dan juga berasal dari sumber belajar. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu kondisi siswa saat menerima pelajaran ramai sendiri, ada anak yang kesulitan menghitung jawabannya, dan alokasi waktu.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Index Card Match, Pembelajaran Matematika |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 16 Sep 2020 02:47 |
Last Modified: | 16 Sep 2020 02:47 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3280 |
Actions (login required)
View Item |