Pengaruh Kompetensi Sosial Guru terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs NU Nurul Huda Kudus

Tania, Amanatul Ade (2019) Pengaruh Kompetensi Sosial Guru terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs NU Nurul Huda Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (268kB)
[img] Text
2. DAFTAR ISI.pdf

Download (234kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (329kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (619kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (493kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (764kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (402kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (355kB)

Abstract

Kualitas guru sangat berpengaruh terhadap keberhasilan siswa. Guru yang berkompeten dan mampu menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik adalah poin utama dalam proses pembelajaran. Kompetensi sosial guru di sini yang akan menentukan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa faktor, yaitu: (1) siswa kurang memperhatikan guru saat proses belajar mengajar di dalam kelas, hal ini karena siswa terlalu asik dengan teman lainnya, (2) siswa kurang semangat dalam belajar, hal ini karena siswa kurang mendapat perhatian dari orang tua mereka masing-masing. (3) siswa laki-laki yang butuh perhatian dan pendekatan khusus dalam proses belajar mengajar, hal ini karena saat di dalam kelas susah dalam mendengarkan penjelasan guru dan suka berbicara dengan teman lainnya. Rumusan masalah penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana kompetensi sosial guru mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs NU Nurul Huda Kudus? (2) Bagaimana hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam? (3) Bagaimana pengaruh kompetensi sosial guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam? Jenis penelitian ini adalah penelitian Field Research atau penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII prestasi di MTs NU Nurul Huda Kudus dengan jumlah 55 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen berupa kuesioner atau angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh, diolah menggunakan bantuan program SPSS statistik parametrik. Hasil uji SPSS 16.0 sebagaimana data yang telah diperoleh di lapangan, menunjukkan hasil analisis data yaitu: (1) Kompetensi sosial guru diperoleh hasil rata-rata yaitu sebesar 45,58 dan termasuk dalam kategori cukup. (2) Hasil belajar siswa diperoleh hasil rata-rata yaitu sebesar 77,15 dan termasuk dalam kategori cukup. (3) Hal ini dapat dilihat dan dibuktikan dengan melakukan uji F (uji signifikansi) dengan bantuan olah data SPSS 16.0 dan diperoleh nilai sig. ˂ 0.05 (0,005 ˂ 0,05) dan diperoleh nilai Fhitung ˃ Ftabel (8,442 ˃ 4,02). Berdasarkan hal tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa Hο ditolak atau Ha diterima, yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi sosial guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs NU Nurul Huda Kudus. Kompetensi sosial guru mata pelajaran Sejarah Kebudayan Islam di MTs NU Nurul Huda Kudus cukup baik, dan hal ini juga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam yaitu dalam kategori yang cukup baik pula.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Sosial Guru, Hasil Belajar, Sejarah Kebudayaan Islam.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 28 Sep 2020 02:12
Last Modified: 28 Sep 2020 02:12
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3305

Actions (login required)

View Item View Item