Pendidikan Karakter Kedermawanan dalam Membentuk Kesalehan Sosial Siswa pada Mata Pelajaran Al Qur’an Hadits Kelas VIII MTs Nu Al-Falah Tanjungrejo Jekulo Kudus Tahun Ajaran 2018/2019

Ambarwat, Ambarwat (2019) Pendidikan Karakter Kedermawanan dalam Membentuk Kesalehan Sosial Siswa pada Mata Pelajaran Al Qur’an Hadits Kelas VIII MTs Nu Al-Falah Tanjungrejo Jekulo Kudus Tahun Ajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER - Kata Pengantar.pdf

Download (890kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (602kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (603kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (557kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (888kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (344kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (773kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (270kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (289kB)

Abstract

Penelitian tentang Pendidikan Karakter Kedermawanan dalam Membentuk Kesalehan Sosial Siswa pada Mata Pelajaran Al Qur’an Hadits Kelas VIII MTs NU Al Falah Tanjungrejo Jekulo Kudus Tahun Ajaran 2018/2019 ini bertujuan untuk : 1) mengetahui proses pendidikan karakter kedermawanan siswa kelas VIII MTs NU Al Falah Tanjungrejo Jekulo Kudus melalui pelajaran Al Qur’an Hadits 2) mendeskripsikan wujud kesalehan sosial siswa kelas VIII MTs NU Al Falah Tanjungrejo Jekulo Kudus. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan metode deskriptif dimana penulis memberikan deskripsi gambaran atau lukisan secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai fakta-fakta, sifatsifat serta hubungan antar fenomena yang ada di lapangan. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian berada di MTs NU Al Falah Tanjungrejo Jekulo Kudus. Subyek penelitian ini yaitu kepala MTs NU Al Falah, waka Kurikulum MTs NU Al Falah, guru pengampu mata pelajaran Al Qur’an Hadits, dan siswa MTs NU Al Falah. Penulis menggunakan beberapa teknik dalam pengumpulan data, antara lain: observasi, wawancara dan dokumentasi dan metode analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penyimpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembentukan karakter kedermawanan siswa Kelas VIII MTs NU Al Falah Tanjungrejo Jekulo Kudus dapat dilakukan dengan berbagai macam pendekatan antara lain keteladanan, penanaman kedisiplinan, pembiasaan, menciptakan suasana yang kondusif, serta integrasi dan internalisasi. Wujud kesalehan sosial siswa kelas VIII MTs NU Al Falah Tanjungrejo Jekulo Kudus yaitu dengan dilaksanakannya amalan (sedekah) rutin setiap hari Senin dan Kamis, iuran untuk menjenguk temannya yang sakit, iuran untuk menjenguk temannya yang kesusahan, dan santunan anak yatim piatu setiap bulan Muharram.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Kedermawanan, Kesalehan Sosial
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 16 Dec 2020 03:56
Last Modified: 16 Dec 2020 03:56
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3353

Actions (login required)

View Item View Item