Kholis, Muhammad Nur (2019) Studi Komparatif Konsep Pendidikan Alam Perspektif Islam dalam Pendidikan Agama Islam di SMP Islam Sultan Agung Sukolilo dan Perspektif (IAIN) Kudus 2019. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (345kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (273kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (603kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (893kB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Restricted to UNSPECIFIED Download (414kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (699kB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (350kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (441kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui bagaimana konsep pendidikan alam perspektif Islam dalam pendidikan agama Islam di SMP Islam Sultan Agung Sukolilo (2) Untuk mengetahui bagaimana konsep pendidikan alam perspektif Sedulur Sukolilo, (3) Untuk mengetahuai persamaan konsep pendidikan alam Perspektif Islam dalam pendidikan agama Islam di SMP Islam Sultan Agung Sukolilo dan Perspektif Sedulur Sikep Sukolilo Penyusunan skripsi ini merupakan jenis penelitian field research atau lapangan pendekatan deskriptif komparatif yaitu data yang terkumpul berbentuk kata-kata, gambar, bukan angkaangka yang kemudian dikomparasikan. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman antara Islam dalam pendidikan agama Islam di SMP Islam Sultan Agung dan Sedulur Sikep Sukolilo terdapat kesamaan dan perbedaan secara esensial. Kesamaan itu mengajarkan tentang Alam yang diciptakan oleh Tuhan untuk kesejahteraan manusia. Kedua, pelestarian alam Perspektif Islam dalam pendidikan agama islam di SMP Islam Sultan Agung merupakan representasi manusia sebagai wakil Allah di bumi dengan sifat-sifat Allah kedalam kehidupan sehari-hari sebagai pemelihara alam atau penjaga alam, sedangkan persepsi Sedulur Sikep pelestarian alam merupakan wujud rasa hormat dan menghargai alam seperti menghargai seorang biyung atau ibu. Sementara perbedaan kedua konsep pendidikan alam dalam obyek penelitian memberikan pemahaman bahwa perspektif Islam dalam pendidikan agama Islam di SMP Islam Sultan Agung mengajarkan tentang alam yang dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan manusia namun tetap dalam konteks islah atau perbaikan. Sementara dalam perspektif Sedulur Sikep Sukolilo alam atau tidak diperkenakan untuk diubah apalagi sampai dijual, dikarenakan menjadi kehancuran tradisi leluhur Samin Soerosentiko.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | studi komparatif, konsep pendidikan alam, Islam, pendidikan agama Islam, Sedulur Sikep |
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 18 Dec 2020 05:43 |
Last Modified: | 18 Dec 2020 05:43 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3359 |
Actions (login required)
View Item |