Strategi Komunikasi dalam Mensosialisasikan Program Sedekah

Maghfiroh, Amalia (2020) Strategi Komunikasi dalam Mensosialisasikan Program Sedekah. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (962kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (323kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (279kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (508kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (712kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (360kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (575kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (274kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (406kB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk meneliti suatu hal yang terjadi dalam masyarakat dengan mengamati latar belakang, keadaan, dan interaksi yang terjadi. Penelitian ini berlokasi di kota Kudus dalam hal ini obyek yang diteliti adalah komunitas Berbagi Nasi Kudus. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi komunitas Berbagi Nasi Kudus dalam menarik empati masyarakat untuk bersedekah dan mrngrtahui apa saja faktor pendukung dan penghambat strategi komunikasi Berbagi Nasi Kudus dalam menarik empati masyarakat untuk bersedekah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif, dengan sumber data primer (informan penelitian) dan data sekunder (buku referensi). Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan kajian pustaka. Teknik analisis data yang penulis lakukan adalah dengan melakukan pengumpulan data terlebih dahulu dari mulai observasi dan wawancara. Setelah itu, data disajikan dengan uraian-uraian berdasarkan informasi yang didapatkan. Hasil yang diperoleh dari penelitian mengenai strategi yang digunakan oleh organisasi Berbagi Nasi Kudus dalam mensosialisasikan program sedekahnya pertama, mengenali sasaran komunikasi. Kedua, menyusun tujuan pesan. Ketiga, pemanfaatan media. Keempat, peranan komunikator. Dalam menjalankan strategi komunikasi tersebut tentunya ada yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam prosesnya. Faktor pendukung yang pertama, rajin update kegiatan. Kedua, niat baik komunikan. Ketiga, pembuatan pesan yang menarik. Keempat, metode penyampaian berulang. Kelima, media komunikasi yang berkembang. Keenam, fasilitas yang disediakan. Faktor penghambatnya pertama, gangguan pada perangkat komunikasi. Kedua, waktu. Ketiga, niat sasaran komunikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi, Sosialisasi, Program Sedekah. Organisasi Berbagi Nasi Kudus.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > Interaksi Sosial > Komunikasi
300 Ilmu-Ilmu Sosial > Interaksi Sosial > Komunikasi
300 Ilmu-Ilmu Sosial > Interaksi Sosial > Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 29 Jan 2021 06:48
Last Modified: 29 Jan 2021 06:48
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3415

Actions (login required)

View Item View Item