Kerjasama Guru Dan Orang Tua Dalam Kegiatan Baca Tulis Al-Qur’an Anak Tunagrahita Studi Kasus Di SMPLB Sunan Muria Cendono Dawe Kudus Tahun Ajaran 2020

Ummah, Syarifatul (2020) Kerjasama Guru Dan Orang Tua Dalam Kegiatan Baca Tulis Al-Qur’an Anak Tunagrahita Studi Kasus Di SMPLB Sunan Muria Cendono Dawe Kudus Tahun Ajaran 2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (430kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (298kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (510kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (883kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (407kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (662kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (374kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (509kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kerjasama guru dan orang tua dalam kegiatan baca tulis Al-Qur’an anak tunagrahita di SMPLB Sunan Muria Cendono Dawe Kudus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data-data tentang kerjasama guru dan orang tua dalam kegiatan baca tulis Al-Qur’an dikumpulkan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah guru, orang tua, peserta didik dan kepala sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak tunagrahita adalah anak yang memiliki intelegensi di bawah anak normal pada umumnya. Karakteristik anak tunagrahita diantaranya lamban dalam belajar, cacat fisik dan perkembangan gerak tubuh, pendalaman kata bahasa terbatas, dan memiliki tingkah laku yang kurang wajar yang terus-menerus. Kegiatan baca tulis Al-Qur’an anak tunagrahita di SMPLB Sunan Muria Cendono Dawe Kudus menggunakan metode Yanbu’a dengan cara pengajaran individual. Pengajaran individual yaitu pengajaran yang disampaikan kepada peserta didik fokus satu peserta ddik secara bergantian. Sedangkan metode Yanbu’a merupakan buku baca karangan oleh KH.Arwani Amin Kudus. Cara pengajaran secara individual ini diterapkan sebab menyesuaikan peserta didiknya tunagrahita, yang membutuhkan perhatian lebih. Adapun kerjasama guru dan orang tua menggunakan model dua arah (interactional model). Model dua arah ini dilakukan guru dengan berbagai tindakan yaitu kunjungan pihak sekolah (guru) ke rumah peserta didik, kunjungan orang tua ke sekolah, pertemuan guru dan orang tua, paguyuban orang tua, daftar nilai atau rapot, parenting, volunteering, kerjasama dengan masyarakat, belajar di rumah, dan via ponsel.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kerjasama, Kegiatan Baca Tulis Al-Qur’an, Anak Tunagrahita
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 08 Feb 2021 02:03
Last Modified: 08 Feb 2021 02:03
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3468

Actions (login required)

View Item View Item