Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Permainan Konstruktif (Studi Kasus Pada RA Matholi’ul Falah Pati)

Ana, Lilik Nor (2020) Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Permainan Konstruktif (Studi Kasus Pada RA Matholi’ul Falah Pati). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (396kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (349kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (498kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (668kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (393kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (613kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (338kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (341kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan kreativitas Anak Usia Dini di RA Matholi’ul Falah Pati, untuk mengetahui permainan konstruktif di RA Matholi’ul Falah Pati, untuk mengetahui pengembangan kreativitas Anak Usia Dini melalui Permainan Konstruktif di RA Matholi’ul Falah Pati, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat mengembangkan kreativitas Anak Usia Dini melalui Permainan Konstruktif di RA Matholi’ul Falah Pati. Fokus penelitian ini adalah mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Permainan Konstruktif (Studi Kasus Pada RA Matholi’ul Falah Pati). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Subyek penelitian ini adalah 3 guru dan siswa RA Matholi’ul Falah Pucakwangi Pati yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui obeservasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data deskriptif dalam penelitian ini menggunakan analisis reduksi Data (Data Reduction), Penyajian Data (Data Display), Verifikasi (Conclution drawing). Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Pengembangan kreativitas Anak Usia Dini melalui Permainan Konstruktif di RA Matholi’ul Falah Pati melalui WhatsApp, pendidik membagikan materi pembelajaran dan media gambar atau foto tentang pengembangan kreativitas anak melalui permainan konstruktif dan respon anak adalah permainan yang dapat meningkatkan kreativitas anak adalah bermain konstruktif yang meliputi bermain Balok dan Plastisin/playdought dapat mengembangkan kreatifitas anak. 2) Faktor pendukungnya adalah melalui WhatsApp pendidik membagikan materi pelajaran dan media gambar atau foto dalam pengembangan kreativitas guru dalam pembelajaran menggunakan alat permainan edukatif konstruktif yang bermacam-macam bentuk, jenis dan warnanya akan menarik anak untuk bermain dan belajar. Faktor penghambatnya adalah:Daring dapat berjalan efektif jika jaringan internetnya bagus. Orang tua yang terkena dampak Covid -19 pasti akan kesulitan untuk membeli kuota internet, Pembelajaran tidak efektif. Guru-guru yang biasanya mengajar 4 jam di sekolah, terpaksa hanya mengajar selama satu jam. Dampak lanjutnya, peserta didik akan kesulitan memahami materi yang banyak dalam waktu yang relatif singkat

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas Anak Usia Dini, Permainan Konstruktif
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar > Sekolah Dasar (SD, TK, Play Group)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 08 Feb 2021 03:48
Last Modified: 08 Feb 2021 03:48
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3479

Actions (login required)

View Item View Item