Pengaruh Strategi Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Akidah Akhlak Terhadap Karakter Siswa MA NU Hasyim Asy’ari 2 Kudus Kelas XI Tahun Pelajaran 2019/2020

Munawaroh, Siti (2020) Pengaruh Strategi Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Akidah Akhlak Terhadap Karakter Siswa MA NU Hasyim Asy’ari 2 Kudus Kelas XI Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. Cover-Kata Pengantar.pdf

Download (964kB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (187kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (143kB)
[img] Text
4. Bab I.pdf

Download (348kB)
[img] Text
5. Bab II.pdf

Download (390kB)
[img] Text
6. Bab III.pdf

Download (475kB)
[img] Text
7. Bab IV.pdf

Download (752kB)
[img] Text
8. Bab V.pdf

Download (143kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (209kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1)Untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran interaktif mata pelajaran Akidah Akhlak terhadap karakter siswa kelas XI MA NU Hasyim Asy’ari 2 Kudus tahun pelajaran 2019/2020.(2) Untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran interaktif mata pelajaran Akidah Akhlak terhadap karakter siswa kelas XI MA NU Hasyim Asy’ari 2 Kudus tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang peneliti gunakan dalam penelitian ini merupakan jenis penelitian field research yaitu peneliti langsung terjun ke lapangan (lokasi penelitian) untuk melakukan penelitian dan mengumpulkan data. Lapangan (lokasi) penelitian yang peneliti ambil yaitu di MA NU Hasyim Asy’ari 2 Kudus, yakni pada ruang lingkup kelas XI untuk memperoleh data yang konkrit tentang pengaruh strategi pembelajaran interaktif mata pelajaran Akidah Akhlak terhadap karakter siswa kelas XI. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Adapun hasil penelitian ini adalah: (1) Penerapan strategi pembelajaran interaktif strategi pembelajaran interaktif mata pelajaran akidah akhlak terhadap karakter siswa MA NU Hasyim Asy’ari 2 Kudus tahun pelajaran 2019/2020 menurut analisa peneliti dalam kategori efektif. Hal ini berdasarkan pada nilai rata-rata (mean) dari variabel strategi pembelajaran interaktif adalah sebesar 60,27 termasuk dalam kategori “Cukup” karena masuk dalam interval 60-69. Sedangkan nilai rata-rata (mean) dari karakter siswa kelas XI MA NU Hasyim Asy’ari2 Kudus adalah sebesar 142,95 (masuk interval 139 - 148) tergolong kategori “Baik”. (2) Terdapat pengaruh strategi pembelajaran interaktif mata pelajaran akidah akhlak terhadap karakter siswa MA NU Hasyim Asy’ari 2 Kudus tahun pelajaran 2019/2020, ini terbukti dari hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran interaktif terhadap karakter siswa mendapatkan nilai thitung sebesar 4,914 dengan ttabel 2,018. Ini berarti nilai thitung lebih besar dari ttabelatau (4,914>2,018) dengan signifikansi 0,0010 dimana nilai signifikansi kurang dari (<0,05), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini dapat disimpulkan bahwa variabel strategi pembelajaran interaktif pada mata pelajaran Akidah Akhlak berpengaruh secara signifikan terhadap karakter siswa kelas XI MA NU Hasyim Asy’ari 2 Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Stategi Pembelajaran Interaktif, Karakter dan Akidah Akhlak
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 15 Feb 2021 02:27
Last Modified: 15 Feb 2021 02:27
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3525

Actions (login required)

View Item View Item