Bimbingan Agama Dalam Membina Akhlak Anak Di Pondok Pesantren Mambaul Ulum Desa Pasuruhan Kecamatan Kayen Kabupaten Pati

Amirudin, Amirudin (2020) Bimbingan Agama Dalam Membina Akhlak Anak Di Pondok Pesantren Mambaul Ulum Desa Pasuruhan Kecamatan Kayen Kabupaten Pati. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (528kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (480kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (666kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (999kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (619kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (873kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (620kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (634kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian skripsi ini adalah untuk mengetahui bagaimana metode bimbingan agama dalam membina akhlak anak di pondok Pesantren Mambaul Ulum dan untuk mengetahui kendala yang di hadapi dalam pelaksanaan bimbingan agama dalam membina akhlak kepada para santri di pondok pesantren mambaul ulum desa pasuruhan kecamatan kayen kabupaten pati. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, sedangkan datanya menggunakan metode observasi, wawancara,dokumentasi dan teknik sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa bimbingan agama dalam membina akhlak anak sangat penting, karena pada saat usia anak-anak mereka gampang terpengaruh dengan prilaku yang mereka lihat dan mereka akan mengikuti sesuai dengan apa yang di lihat baik dari teman dan lingkungannya. Pondok pesantren merupakan sarana dalam membina akhlak anak agar dapat berprilku yang baik dan tidak menyalahi norma dan aturan negara maub pun agama. Metode yang di yang di lakukan dalam bimbingan agama dalam membina akhlak anak di pondok pesantren Mamba’ul Ulum yaitu uswatun hasanah, ceramah dan pembiasaan. uswatun hasanah merupakan memberikan contoh yang baik kepada para anak, para pengurus dan ustadz di tekankan oleh pengasuh untuk memberikan contoh yang baik bagi para anak, kendala yang di hadapi dalam membina akhlaka anak di pondok pesantren mamba’ul ulum adalah pertama banyak anak yang melanggar peraturan. Masih ada anak menyalahi dan melanngar aturan pondok. Kedua tingkat kesadaran anak yang masih rendah. Dalam mengikuti kegiatan di pondok kadang anak-anak lupa akan kegiatan yang ada di pondokdan perlu di ingatkan. Ketiga sulitnya memberikan sikap tegas terhadap anak terkait sanksi. Ketika anak melakukan kesalahan dan melanggar aturan yang ada di pondok maka ada hukuman yang akan di terima oleh anak tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Agama, Anak, Membina Akhlak
Subjects: Akhlak dan Tasawuf > Akhlak
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Bimbingan Konseling Islam (BKI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 10 Mar 2021 07:45
Last Modified: 10 Mar 2021 07:45
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3650

Actions (login required)

View Item View Item