Implementasi Metode Pembelajaran Mind Mapping Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlaq Kelas VIII-A di MTs NU Matholi‘ul Huda Kedungsari Gebog Kudus Tahun 2019/2020

Riyadi, Muchammad Burhanuddin (2020) Implementasi Metode Pembelajaran Mind Mapping Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlaq Kelas VIII-A di MTs NU Matholi‘ul Huda Kedungsari Gebog Kudus Tahun 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1 cover-kata pengantar.pdf

Download (4MB)
[img] Text
2 abstrak.pdf

Download (281kB)
[img] Text
3 daftar isi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4 bab i.pdf

Download (12MB)
[img] Text
5 bab ii.pdf

Download (12MB)
[img] Text
6 bab iii.pdf

Download (12MB)
[img] Text
7 bab iv.pdf

Download (12MB)
[img] Text
8 bab v.pdf

Download (12MB)
[img] Text
9 daftar putaka.pdf

Download (12MB)

Abstract

Pelajaran Akidah Akhlak adalah pelajaran tentang keyakinan dalam diri yang tertuju pada keadaan jiwa dan tingkah laku peserta didik. Dengan pentingnya Akidah Akhlaq tersebut, diperlukan pemahaman yang maksimal oleh peserta didik. Sebelumnya penyampaian materi Akidah Akhlaq di MTs NU Matholi’ul Huda Kedungsari Gebog Kudus menggunakan metode ceramah membuat peserta didik jenuh dan bosan, setelah menggunakan metode Mind Mapping peserta didik lebih aktif dan hasil belajarnya semakin baik. Oleh karena itu penulis melakukan penelitian tentang Implementasi metode Mind Mapping pada mata pelajaran Akidah Akhlaq di MTs NU Matholi’ul Huda Kedungsari Gebog Kudus. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan atau field research dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dari penelitian ini diperoleh dari sumber data primer dan sekunder. Subyek penelitian ini adalah guru mata pelajaran Aqidah Akhlaq dan peserta didik. Adapun teknik pemerolehan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, serta dokumentasi. Kemudian di analisis dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan obyek keabsahan data implementasi metode Mind Mapping dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII di MTs NU Matholi’ul Huda Kedungsari Gebog Kudus menggunakan beberapa cara yaitu triangulasi dan menggunakan bahan referensi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi metode Mind Mapping diawali dengan penyusunan RPP, pembagian kelompok dan pembuatan peta pikiran. Pelaksanaan Mind Mapping dengan tujuan pembelajaran berlangsung aktif, interaktif, inovatif dan kreatif, sehingga para siswa lebih mudah memahami. Penggunaan metode pembelajaran Mind Mapping memberikan pemahaman kepada siswa terkait Akhlak terpuji yang harus dilaksanakan dan Akhlak tercela yang harus di hindari dan meningkatkan hasil belajarnya. Hasil belajar peserta didik setelah penerapan metode Mind Mapping menjadi lebih baik. Dapat dilihat hasil nilai ulangan harian peserta didik bisa mencapai ketuntasan belajar. Faktor pendukung penerapan metode Mind Mapping dalam pembelajaran Aqidah Akhlaq di antaranya adalah Pertama, tersedianya buku-buku dan alat penunjang penggunaan metode Mind Mapping seperti LCD, Proyektor. Kedua, pengadaan pelatihan yang diagendakan oleh Kepala Sekolah. Adapun faktor penghambat dari penerapan metode Mind Mapping tersebut adalah: Pertama, jam pelajaran yang kurang. Kedua, peserta didik kurang tertarik pada mata pelajaran Aqidah Akhlaq. Sedangkan solusi dari faktor penghambat dalam penerapan metode Mind Mapping adalah: Pertama, guru mengganti kelompok yang presentasi setiap jam pelajaran sehingga guru mengetahui kemampuan siswa secara menyeluruh. Kedua, guru menjaga kedekatan dengan siswa serta memberi motivasi tentang pentingnya pembelajaran Aqidah Akhlaq. Metode Mind Mapping adalah usaha pengembangan informasi menggunakan visualisasi gambar, simbol. Metode Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar Aqidah Akhlaq. Maka dari itu sangat disarankan bagi para guru untuk menggunakan metode Mind Mapping ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Mind Mapping, Meningkatkan Hasil Belajar
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 18 Mar 2021 07:48
Last Modified: 18 Mar 2021 07:48
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3681

Actions (login required)

View Item View Item