Pengaruh Model Pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) Terhadap Pemahaman Peserta Didik Kelas XI Pada Mata Pelajaran Fiqih Di MA Salafiyah Ahmad Said Kirig Mejobo Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020

Wati, Norma Setiyo (2020) Pengaruh Model Pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) Terhadap Pemahaman Peserta Didik Kelas XI Pada Mata Pelajaran Fiqih Di MA Salafiyah Ahmad Said Kirig Mejobo Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1.COVER-KATA PENGANTAR.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2.ABSTRAK.pdf

Download (204kB)
[img] Text
3.DAFTAR ISI.pdf

Download (201kB)
[img] Text
4.BAB I.pdf

Download (270kB)
[img] Text
5.BAB II.pdf

Download (387kB)
[img] Text
6.BAB III.pdf

Download (606kB)
[img] Text
7.BAB IV.pdf

Download (933kB)
[img] Text
8.BAB V.pdf

Download (449kB)
[img] Text
9.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (204kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui penerapan model pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) pada mata pelajaran fiqih di MA Salafiyah Ahmad Said Kirig Mejobo Kudus (2) untuk mengetahui pemahaman peserta didik pada mata pelajaran fiqih di MA Salafiyah Ahmad Said Kirig Mejobo Kudus (3) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) terhadap pemahaman peserta didik pada mata pelajaran fiqih di MA Salafiyah Ahmad Said Kirig Mejobo Kudus. Jenis penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian dimana peneliti terjun langsung ke lapangan untuk memperoleh data atau informasi secara langsung dengan mendatangi responden Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Dalam penelitian ini penulis melakukan studi lapangan di MA Salafiyah Ahmad Said Kirig Mejobo Kudus, yakni pada ruang lingkup kelas XI. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari peserta didik kelas XI IPA dan XI IPS sejumlah 39, kemudian diambil sampel 35 dengan menggunakan teknik simple random sampling. Dalam analisis ini penulis menggunakan analisis statistik yaitu regresi dan korelasi sederhana. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa 1) Model pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) di MA Salafiyah Ahmad Said Kirig Mejobo Kudus termasuk dalam kategori baik, yaitu sebesar 154 pada rentang interval 144-157. 2) pemahaman peserta didik kelas XI di MA Salafiyah Ahmad Said Kirig Mejobo Kudus dalam kategori tinggi, sebesar 75 pada rentang interval 73-81. 3) Terdapat pengaruh signifikan Model pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) terhadap pemahaman peserta didik kelas XI di MA Salafiyah Ahmad Said Kirig Mejobo Kudus dengan persamaan regresi Ŷ = 28,387 + 0,304X. Adanya Model pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) ini memiliki hubungan positif dan kurang signifikan sebesar 0,305 yang termasuk dalam kategori rendah dan dapat memberi kontribusi bagi peserta didik dalam mengembangkan pemahaman peserta didik sebesar 9,3%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction), Pemahaman, Pembelajaran Fiqih
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 31 Mar 2021 02:20
Last Modified: 31 Mar 2021 02:20
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3749

Actions (login required)

View Item View Item