Aini, Khosi Qurrotul (2020) Pendidikan Karakter Anak Melalui Kegiatan Pencak Silat Pagar Nusa di MTs NU Banat Kudus Tahun Pelajaran 2020-2021. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (430kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (287kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (548kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (809kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (381kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (730kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (424kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (457kB) |
Abstract
Masuknya budaya Barat ke dalam budaya Indonesia tanpa penyaringan mengakibatkan penurunan perilaku yang menyimpang. Perilaku yang menyimpang tersebut mempengaruhi sikap pelajar saat ini. Oleh karena itu, untuk menanggulangi hal tersebut, perlu upaya perbaikan SDM dengan cara penanaman nilai-nilai karakter. Pendidikan karakter sendiri memiliki arti suatu sistem penanaman nilai-nilai karakter kepada warga sekolah, yang meliputi seluruh komponen di sekolah salah satunya melalui kegiatan ekstrakulikuler pencak silat Pagar Nusa di MTs NU Banat Kudus. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang proses pelaksanaan kegiatan pencak silat Pagar Nusa dalam pendidikan karakter, nilai-nilai karakter dalam kegiatan pencak silat Pagar Nusa, hambatan yang terjadi pada proses pelaksanaan kegiatan pencak silat Pagar Nusa, dan solusi yang dilakukan untuk mengatasi hambatan yang terjadi pada proses pelaksanaan kegiatan pencak silat Pagar Nusa di MTs NU Banat Kudus. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi yang berkaitan dengan objek penelitian. Teknik analisis data menggunakan teknik Miles dan Huberman yaitu meliputi reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) proses pelaksanaan kegiatan ekstrakulikuler pencak silat Pagar Nusa dalam pendidikan karakter anak adalah dengan melaksanakan kegiatan rutin yang dilakukan dengan beberapa tahap, yaitu (a) berdo’a yang dipimpin oleh pelatih, (b) melakukan gerakan salam Pagar Nusa, (c) warning up, (d) materi dasar pukulan dan tendangan, (e) menerima materi Pagar Nusa berdasarkan tingkatan, (f) menerima materi seni dan tanding yang sudah di kelompokkan, (g) penutupan dengan berdo’a, serta mengadakan program pemilihan atlet dan latihan tambahan. Kegiatan bulanan, yakni separingan atau uji coba, kegiatan tahunan yakni ujian kenaikan tingkat (UKT) atau ujian sabuk. (2) nilai-nilai karakter anak dalam kegiatan pencak silat Pagar Nusa meliputi nilai religius, kedisiplinan, percaya diri, kerja keras, mandiri, dan tanggung jawab. (3) hambatan yang terjadi pada proses pelaksanaan kegiatan pencak silat Pagar Nusa antara lain kurangnya kerjasama antar guru, pelatih, dan siswa. Kurangnya dukungan orang tua. (4) solusi yang dilakukan untuk mengatasi hambatan yang terjadi pada proses pelaksanaan kegiatan pencak silat Pagar Nusa yakni mengubah jadwal kegiatan ekstrakulikuler pencak silat Pagar Nusa dan memberikan motivasi kepada peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Karakter Anak dan Pencak Silat Pagar Nusa |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 14 Apr 2021 03:18 |
Last Modified: | 14 Apr 2021 03:18 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3873 |
Actions (login required)
View Item |