MUBAROK, ZAKI (2019) Studi Analisis Sistem Pendidikan Pesantren Berbasis Takhassus An-Nasyri Untuk Mengembangkan Pendidikan Karakter Siswa (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Darul Falah Jekulo Kudus) Tahun Ajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. COVER.pdf Download (49kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (148kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (223kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (453kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (457kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (164kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (158kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (439kB) |
Abstract
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah berdasarkan fenomena yang sedang terjadi sekarang ini, terutama melemahnya karakter manusia pada umumnya. Oleh karena itu peran pesantren dan juga sistem pendidikan yang ada didalamnya sangat menentukan bagi terciptanya lulusan yang mempunyai jiwa berkarakter. Pondok Pesantren Darul Falah memiliki kegiatan-kegiatan yang bernuansa keagamaan, seperti mendalami isi kitab kuning, kegiatan musyawarah, sorogan dan yang paling terkenal adalah kegiatan riyadhoh puasa dalail khairot yang dicontohkan oleh para pengasuh. Seakan-akan Pondok Pesantren Darul Falah memiliki jimat yang kiranya perlu diteliti agar segala proses yang diterapkan oleh Podok Pesantren Darul Falah bisa di publikasikan sebagai acuan dan pertimbangan bagi peneliti sendiri secara pribadi dan masyarakat luas pada umumnya. Rumusan masalah yang peneliti kaji adalah bagaimana langkah-langkah sistem pendidikan pesantren berbasis Takhassus An-nasyri Pondok pesantren Darul Falah Jekulo Kudus dalam mengembangkan pendidikan karakter. Faktor apa saja yang mendukung dan yang menghambat terhadap keberhasilan pondok pesantren dalam mengembangkan pendidikan karakter di Pondok Pesantren Darul Falah Jekulo Kudus Tahun Ajaran 2018/2019. Manfaat penelitian ini adalah diharapkan dapat menggugah pikiran dan membuka hati para pendidik agar mampu mengembangkan pendidikan di lembaga-lembaga pendidikan dan memberikan masukan kepada dunia pendidikan Islam bahwasanya pondok pesantren adalah lembaga alternatif penunjang keilmuan maupun pembentukan karakter seseorang. Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya santri maupun alamuni yang sudah tamat dari pendidikan Takhassus di Pondok Pesantren Darul Falah tidak hanya memiliki bekal keilmuan yang matang akan tetapi jiwa karakter seperti cinta tuhan beserta ciptaannya, karakter percaya diri, jiwa kepemimpinan dan toleransi terhadap perbedaan yang melekat pada dirinya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sistem Pendidikan, Takhassus , Mengembangkan Pendidikan Karakter |
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 16 Apr 2021 02:17 |
Last Modified: | 16 Apr 2021 02:17 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3900 |
Actions (login required)
View Item |