Assadiyah, Rossi (2020) Eksperimentasi Metode Buzz Group Discussion terhadap Hasil Belajar Afektif Siswa Kelas VIII pada Mata Pelajaran Fiqih Materi Zakat di MTs Sabilul Ulum Mayong Jepara Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (982kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (109kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (152kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (219kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (282kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (391kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (404kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (113kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (185kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui hasil belajar afektif siswa kelas VIII pada mata pelajaran Fiqih materi zakat di MTs Sabilul Ulum Mayong Jepara tahun pelajaran 2019/2020. 2) untuk menunjukkan mana yang lebih berpengaruh antara penggunaan metode buzz group discussion dengan metode ceramah terhadap hasil belajar afektif siswa kelas VIII pada mata pelajaran Fiqih materi zakat di MTs Sabilul Ulum Mayong Jepara tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Desain penelitian eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu. Penelitian ini mencoba mengujicobakan metode buzz group discussion dan metode ceramah terhadap hasil belajar afektif siswa kelas VIII pada mata pelajaran Fiqih materi zakat di MTs Sabilul Ulum Mayong Jepara. Subyek dalam penelitian ini adalah 40 siswa kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan 40 siswa kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen angket. Setelah data terkumpul, selanjutnya dianalisis menggunakan teknik analisis data dengan uji independent t-test. Berdasakan hasil penelitian menunjukkan bahwa data yang diperoleh, antara lain: 1) hasil belajar afektif dengan menggunakan metode buzz group discussion tergolong tinggi, hal ini dibuktikan dengan perolehan frekuensi hasil belajar afektif sebesar 42,5% berada dalam nilai interval 73 – 78. Sedangkan hasil belajar afektif dengan menggunakan metode ceramah tergolong sedang, hal ini dibuktikan dengan perolehan frekuensi hasil belajar afektif sebesar40% yang berada dalam nilai interval 55 – 60. 2) berdasarkan uji independent sample t-test dengan bantuan SPSS 16,0 diperoleh thitung = 9,058 dengan taraf signifikansi 5% df = 78, ttabel = 1,991. Hasil yang diperoleh yaitu thitung > ttabel (9,058 > 1,991), sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode buzz group discussion terhadap hasil belajar afektif mempunyai pengaruh yang signifikan daripada metode ceramah terhadap hasil belajar afektif siswa kelas VIII pada mata pelajaran Fiqih materi zakat di MTs Sabilul Ulum Mayong Jepara tahun pelajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Buzz Group Discussion, Hasil Belajar Afektif, Fiqih. |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 16 Apr 2021 03:00 |
Last Modified: | 16 Apr 2021 03:00 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3911 |
Actions (login required)
View Item |